Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Energi (MEDC) Rencana IPO Anak Usaha, Ini Alasannya

PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) berencana melepas sebagian kepemilikannya di dua anak usaha, yakni PT Medco Power Indonesia (MPI) dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), melalui penawaran umum saham perdana.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) berencana melepas sebagian kepemilikannya di dua anak usaha, yakni PT Medco Power Indonesia (MPI) dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), melalui penawaran umum saham perdana.

Rencananya, AMNT akan melakukan initial public offering (IPO) pada 2019, sedangkan AMNT akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penghujung 2020. Namun, waktu IPO ini cenderung fleksibel karena perusahaan juga melihat situasi dan kondisi pasar.

"Kami melihat peluang anak usaha untuk melakukan IPO. Untuk kapannya masih fleksibel, karena melihat kondisi market," tutur Direktur Human Capital & Pendukung Usaha MEDC Amri Siahaan, Senin (27/8/2018).

AMNT telah mengembangkan fase-7 Batu Hijau mencapai kapasitas penuh. Saat ini, perusahaan dalam proses penunjukan kontraktor  Front End Engineering Design (FEED) untuk pembangunan smelter.

Amri menyampaikan, penggalian tanah di fase-7 akan berlangsung dalam 2-3 tahun ke depan untuk mencapai sumber cadangan. Setelah itu, AMNT akan memeroleh logam dalam jumlah besar sehingga pendapatan berpotensi meningkat.

"Karena masih dalam tahap eksplorasi, AMNT membutuhkan pendanaan dalam jumlah besar. Dana diambil dari pendapatan perusahaan, sehingga laba bersih menurun [semester I/2018]," paparnya.

Pada semester I/2018, penjualan dan pendapatan usaha MEDC mencapai US$578,58 juta atau Rp8,38 triliun, naik 42,36% % year-on-year (yoy) dari sebelumnya US$406,41 juta atau Rp5,49 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper