Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lira Terus Bergejolak, Penjualan Emas di Turki Berlipat Ganda

Volume perdagangan berjangka emas melambung di bursa emas berjangka dan derivatif Borsa Istanbul karena volatilitas mata uang lira yang memicu spekulasi setelah nilai lira anjlok dan mendorong harga logam mulia domestik.
Harga emas/Reuters
Harga emas/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Volume perdagangan berjangka emas melambung di bursa emas berjangka dan derivatif Borsa Istanbul karena volatilitas mata uang lira yang memicu spekulasi setelah nilai lira anjlok dan mendorong harga logam mulia domestik.

Rata-rata volume perdagangan harian selama 90 hari tercatat berlipat ganda menjadi 40.000 kontrak dari sebelumnya hanya 17.000 kontrak pada Maret. Pada saat yang sama, nilai emas per troy ounce yang dihargai dengan lira meroket hingga 30%.

Ahli Strategi LogambMulia Mitsubishi Corp U.K. Plc. Jonathan Butler mengatakab, pada saat ini sangat masuk akal untuk menambah kepemilikan emas di Turki karena depresiasi lira.

“Hal itu sejalan dengan fungsi emas sebagai safe haven dan tercermin pada pasar fisik yang permintaannya melonjak untuk digunakan dalam perrhiasan dan emas batangan,” ujarnya, dikutip dari Bloomberg, Minggu (19/8/2018).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pernah meminta warga untuk memacu pembelian emas, meski kemudian meminta untuk menjualnya. Pernyataan tersebut menimbulkan gejolak pada nilai tukar lira dan membuat trader Turki semakin antusias melakukan jual-beli.

Erdogan, yang pada 2016 mendesak warga Turki untuk menukar simpanan mata uang asing menjadi lira dan emas karena hubungan dengan AS semakin memanas, mengatakan pada masyarakat Turki pada pekan ini untuk menjual emas dan menukarnya dengan lira.

Turki merupakan salah sumber permintaan terbesar global untuk komoditas emas, meskipun jumlahnya tidak sebesar dari dua negara pembeli terbesar, China dan India. Turki juga berperan penting dalam membangun sejarah emas karena merupakan rumah dari kerajaan kuno Lydia, yang diketahui menjadi pionir penggunaan koin emas pada Abad ke-7 sebelum masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper