Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh Dana, FREN Tempuh PUT III dan OWK IV

Emiten jasa telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk. berencana menempuh penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Smartfren akan melepas ebanyak-banyaknya 68 miliar saham.
Smartfren 4G/Ilustrasi
Smartfren 4G/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten jasa telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk. berencana menempuh penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Smartfren akan melepas ebanyak-banyaknya 68 miliar saham.

Skema tersebut dilakukan dengan melakukan penawaran umum terbatas III (PUT III) kepada pemegang saham perseroan. Saham Seri C tersebur akan memberikan hak pada para pemegang saham perseroan untuk membeli saham hasil pelasanaan HMETD.

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan perseroan, emiten dengan kode saham FREN tersebut juga akan menerbitkan waran yang melekat pada saham hasil pelaksanaan HMETD sebanyak-banyaknya 35% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pendaftaran PUT III.

“Dana yang diterima hasil PUT III baik dari penerbitan HMETD dan waran, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan untuk pembayaran pinjaman dan modal kerja perseroan dan/atau entitas anak perseroan,” ungkap Manajemen Smartfren, Kamis (16/8/2018).

Dalam PUT III ini, Perseroan menargetkan partisipasi pemegang saham Perseroan untuk melaksanakan HMETD dan waran yang diperoleh para pemegang saham.

Jika pemegang saham tidak melaksanakan HMETD dan waran miliknya, maka persentase kepemilikan sahamnya terhadap saham-saham Perseroan akan terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 50,14% apabila OWK II dan OWK III seluruhnya tidak dilaksanakan menjadi saham seri C Perseroan, atau sebanyak-banyaknya 33,64% apabila OWK II dan OWK III seluruhnya dilaksanakan menjadi saham seri C Perseroan.

Selain itu melakukan PUT III, FREN juga berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan menggunakan skema Obligasi Wajib Konversi (OWK) IV Perseroan.

Pada skema OWK IV, perseroan akan melepas saham sebanyak-banyaknya 10 lembar OWK Seri IV yang masing-masing bernilai nominal Rp120 miliar dan dapat dikonversi menjadi saham seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Harga pelaksanaan OWK IV berdasarkan harga penutupan perdagangan saham FREN dalam 25 hari berturut-turut yaitu Rp120. Dana hasil OWK IV akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan/atau entitas anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper