Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Artha Sekuritas Rekomendasikan Wintermar Offshore Marine (WINS)

Emiten pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk. masih menderita rugi bersih sebesar US$4,2 juta pada semester I/2018. Adapun, kerugian tersebut mengecil 48,96% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Ilustrasi/wintermar.com
Ilustrasi/wintermar.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk. masih menderita rugi bersih sebesar US$4,2 juta pada semester I/2018. Adapun, kerugian tersebut mengecil 48,96% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kinerja paling baik ditunjukkan oleh high tier vessel yang pada semester I/2018 mencapai utilisasi 70%, meski low tier vessel membukukukan penurunan utilisasi sebesar 32%. Penurunan tersebut disebabkan perusahaan yang terus menjual armada low tier yang sudah tua.

Analis Artha Sekuritas Juan Oktavianus Harahap menyampaikan Wintermar Offshore Marine fokus menekan utang hingga DER perseroan menyentuh 0,44 kali. Kondisi ini memungkinkan perseroan memiliki ruang ekspansi yang lebih besar.

“Kinerja Wintermar Offshore Marine pada semester I/2018 lebih baik dari ekspektasi.  Dengan divisi chartering WINS yag membukukan pendapatan lebih rendah pada semester I/2018, perseroan mengutamakan armadanya sendiri sehingga mampu membukukan margin lebih tinggi sebesar 9%,” ungkap Juan, Selasa (14/8/2018).

Selian itu, Juan mencatat langkah emiten dengan sandi WINS tersebut untuk menjual dua armadanya dengan total valuasi sebesar US$15,2 juta untuk menekan utang, turut meringankan utang jangka panjang perseroan. Berdasarkan catatan perseroan, utang jangka panjang per Desember 2017 menjadi US$75,9 dari sebelumnya US$107,2 juta.

Artha Sekuritas memprediksi pada 2018 perseron masih membukukan rugi tetapi mengecil ke level US$10,1 juta, dari sekitar rugi US$40 juta pada 2017. Entitas merekomendasikan saham WINS dengan target harga di pengujung tahun sebesar Rp372 yang mengimplikasikan PBV 0,62 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper