Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Proyek Pengolahan Seng, Kapuas Prima Coal (ZINC) Incar Tambahan Laba Rp173 Miliar

Emiten tambang logam PT Kapuas Prima Coal Tbk. (ZINC) berencana mengakuisisi saham proyek smelter seng dan pengolahan seng oksida di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, bersama dengan Merlion Resources Holding Limited (MRHL). Kedua proyek baru itu akan menambah laba perseroan sekitar Rp173 miliar.
Kapuas Prima Coal/kapuasprima.co.id
Kapuas Prima Coal/kapuasprima.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten tambang logam PT Kapuas Prima Coal Tbk. (ZINC) berencana mengakuisisi saham proyek smelter seng dan pengolahan seng oksida di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, bersama dengan Merlion Resources Holding Limited (MRHL). Kedua proyek baru itu akan menambah laba perseroan sekitar Rp173 miliar.

Direktur Keuangan Kapuas Prima Coal Hendra Susanto menyampaikan, berdasarkan regulasi pemerintah, perusahaan tambang mineral diwajibkan membuat smelter atau fasilitas pemurnian. Oleh karena itu, ZINC berencana mengakuisisi sebagian saham perusahaan industri konsentrat seng dan pengolahan seng oksida.

Proyek yang akan diakuisisi terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Untuk melancarkan aksi korporasi itu, perseroan menggandeng Merlion Resources Holding Limited (MRHL). Pada 25 Juli 2018, ZINC bersama MRHL sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU sebagai langkah awal.

"Rencananya kami mengambil saham di proyek pemurnian itu 50%, dan MRHL 50%. Namun, karena perlu ada salah satu yang dominan, komposisi sahamnya bisa 52%:48%. Kami berharap bisa menjadi yang dominan," tuturnya kepada Bisnis.com di Kantor Kapuas Prima Coal, Jumat (5/8/2018).

Menurutnya, sebagai capex awal akuisisi ZINC dan MRHL mengalokasikan dana senilai US$30 juta, yang bersumber dari kas internal. Karena tahapan akuisisi dan pengembangan proyek masih panjang, nilai pendanaan dapat berubah.

Di dalam pipeline bersama MRHL, smelter seng ini nantinya memiliki kapasitas produksi 30.000 ton per tahun, sedangkan pengolahan seng oksida sebesar 50.000 ton per tahun. Posisinya berdekatan dengan tambang milik ZINC, sehingga kinerja operasional lebih hemat dan terkontrol.

Perusahaan juga membuka diri untuk menyerap seng dari tambang lain. Nantinya, hasil pemurnian akan didistribusikan kepada pasar Asia, seperti Jepang dan China.

Hendra berharap, proses akuisisi proyek smelter ini dapat rampung dalam 6 bulan ke depan. Persiapan perizinan cukup panjang karena melibatkan berbagai unsur, seperti penanaman modal asing (PMA), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan perpajakan.

Dia berharap, pengoperasian smelter seng dapat dilakukan pada akhir 2020 atau awal 2021. Dengan demikian, sistem pengolahan logam perseroan kian terintegrasi.

Dalam prosesnya, pabrik seng oksida akan menyerap seng dengan kadar konsetrat rendah 20%-30%, kemudian ditingkatkan menjadi kadar 52%. Setelah itu, seng akan dimasukan ke dalam smelter agar menghasilkan logam dengan kadar seng 99%.

Menurutnya, kerjasama proyek smelter seng dan pengolahan seng oksida dengan MRHL ini dapat memberikan tambahan laba sekitar Rp173 miliar per tahun. Selain itu, aksi tersebut turut mendukung program pemerintah di bidang pertambangan dengan menarik investasi asing masuk ke Indonesia.

“Kontribusi kedua proyek seng itu sekitar Rp173 miliar bagi kami. Artinya, karena kami hanya memegang 50%, kontribusi laba [dari proyek] sebenarnya dua kali lipat dari itu [Rp346 miliar],” paparnya.

Presiden Direktur Kapuas Prima Coal Harjanto Widjaja menuturkan, awalnya MRHL merupakan pembeli produk ZINC. Namun, karena ada kecocokan kedua perusahaan pun merencanakan proyek bersama.

Pada April—Desember 2018, MRHL berkomitmen menyerap 1.000 ton timbal dan 2.000 ton seng per bulan. Volume itu mencakup sekitar 60% dari total penjualan ZINC sejumlah 5.000—5.500 ton per bulan.

“Seluruh penjualan kami ekspor ke China, yang paling banyak menyerap memang MRHL. Setelah merasa cocok, kami pun membuat MoU [untuk akuisisi proyek],” ujarnya.

Menurutnya, permintaan seng terutama di China sangat tinggi karena negara itu memiliki banyak pabrik pemurnian. Seng digunakan untuk bahan baku otomotif seperti pelek, dan bahan campuran baja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper