Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EMITEN BERAS: Gandeng Alfamart, Buyung Poetra (HOKI) Perkuat Ritel Modern

PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) memperkuat penjualan beras di peritel modern, Alfamart. Sebelumnya, perseroan telah memasok beras ke Indomaret.
Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Tbk Sukarto Bujung memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan seusai rapat umum pemegang saham tahunan di Jakarta,Selasa (5/6/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Tbk Sukarto Bujung memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan seusai rapat umum pemegang saham tahunan di Jakarta,Selasa (5/6/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA--PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) memperkuat penjualan beras di peritel modern, Alfamart. Sebelumnya, perseroan telah memasok beras ke Indomaret.

Investor Relations Buyung Poetra Sembada F. Dion Surijata mengatakan, Alfamart meminta perseroan untuk memproduksi beras dengan kemasan Alfamart. Sebelumnya, HOKI pun telah melakukan kerja sama dengan Indomaret.

"Kami belum memasar beras di Alfamart, masih proses perizinan. Semoga sebulan atau dua bulan ke depan bisa dipasarkan," ungkapnya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (3/8/2018).

Dion mengatakan, untuk tahap awal, beras HOKI dengan merek Alfamart akan dipasarkan di Pulau Sumatra. Untuk tahap awal, beras tersebut akan diproduksi sesuai dengan permintaan dan kondisi penjualan beras di Alfamart.

"Untuk angka produksi dengan merek Alfamart belum ada angka pasti. Setelah izin promosi diperoleh, akan dilanjutkan dengan detail kontrak. Semoga sebelum akhir tahun bisa didistribusikan," tuturnya.

Total penjualan HOKI pada semester I/2018 mencapai Rp764,46 miliar, naik 9,11% dari posisi Rp700,62 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. HOKI pun memiliki pelanggan yang nilai penjualan melebihi 10% yakni PT Indomarco Primatama (Indomaret).

Adapun nilai penjualan kepada Indomaret hingga Juni 2018 mencapai Rp187,55 miliar, atau 24,5% dari total penjualan beras HOKI. Penjualan beras di Indomaret pada kuartal II/2018 naik Rp7,58 miliar dari kuartal I/2018.

Beban pokok penjualan hingga Juni 2018 mencapai Rp655,11 miliar, naik 10,38% year on year dari posisi Rp593,52 miliar. Dengan demikian, laba kotor HOKI pada paruh pertama tahun ini mencapai Rp109,32 miliar, naik tipis 2,07% yoy dari posisi Rp107,1 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada paruh pertama tahun ini, HOKI berhasil menekan beban penjualan menjadi Rp16,08 miliar, dari posisi Rp20,59 miliar. Selain itu, beban bunga yang dicatatkan oleh HOKI per Juni 2018 turun hingga Rp1,5 miliar menjadi Rp5,53 miliar.

Total laba bersih yang dibukukan pada semester I/2018 mencapai Rp50,48 miliar, naik 11,63% dari posisi Rp45,22 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Hingga Juni 2018, total gerai Alfamart mencapai 13.522 gerai, atau bertambah 45 gerai dari akhir 2017. Lebih rinci, komposisi gerai Alfamart terdiri dari milik Alfamart sebanyak 10.025 gerai dan waralaba sebanyak 3.497 gerai.

Sekretaris Perusahaan Buyung Poetra Sembada Victor R. Lanes mengatakan, perseroan menerima surat keterangan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian dalam surat No. 1396/-1.823.13 tanggal 31 Juli 2018.

"Terkait rencana perseroan untuk menyalurkan beras produksi perseroan dengan nama dagang Alfamart Rice Beras Super Slyp 5 kg," tulisnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/8/2018).

Victor mengharapkan, produk baru ini bisa meningkatkan penjualan HOKI pada masa mendatang. Dia pun belum bisa memperkirakan dampak perubahan ini terhadap kinerja perseroan yang akan datang karena masih harus melalui fase produksi dan upaya distribusi lebih lanjut.

Saat ini, HOKI tengah melakukan pembangunan pabrik beras di Sumatra Selatan. Manajemen HOKI memproyeksikan, bila pabrik beras di Sumatra Selatan rampung, maka perseroan akan mudah, cepat dan hemat biaya logistik dalam mendistribusikan beras ke Pulau Sumatra. Selain itu, keberadaan pabrik perseroan di Sumatra akan menambah pangsa pasar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper