Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kiat Manajer Investasi Racik Reksa Dana Terproteksi

Manajer investasi mulai bersiasat dalam meracik produk reksa dana terproteksi sejalan dengan larangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penggunaan medium term notes (MTN) sebagai aset dasar.
Komisaris Utama PT BNI Asset Management Eddy Siswanto (dari kiri), Dirut  Reita Farianti, Komisaris Neny Asriany dan AVP Sinergi dan Komunikasi BNI Group Hindria usai menerbitkan Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara Exchange Trade Fund (ETF) MSCI Indonesia Equity Indeks, di Jakarta, Rabu (23/5/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Komisaris Utama PT BNI Asset Management Eddy Siswanto (dari kiri), Dirut Reita Farianti, Komisaris Neny Asriany dan AVP Sinergi dan Komunikasi BNI Group Hindria usai menerbitkan Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara Exchange Trade Fund (ETF) MSCI Indonesia Equity Indeks, di Jakarta, Rabu (23/5/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer investasi mulai bersiasat dalam meracik produk reksa dana terproteksi sejalan dengan larangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penggunaan medium term notes (MTN) sebagai aset dasar.

Obligasi menjadi satu-satunya pilihan yang akan dijadikan underlying asset untuk reksa dana jenis ini, kendati return yang dihasilkan tidak setinggi surat utang jangka menengah tersebut.

"Masih ada obligasi yang bisa dijadikan aset dasar. Hanya saja mungkin imbal hasilnya tidak sebesar itu [MTN]," kata Direktur Panin Asset Management Rudiyanto saat dihubungi, Kamis (2/8/2018).

Strategi serupa juga dilakukan oleh PT BNI Asset Management. Namun perusahaan tersebut akan melakukan upaya tambahan, yakni melakukan sosialisasi kepada investor terkait kebijakan OJK tersebut.

Sosialisasi ini dilakukan agar investor tidak kaget saat produk reksa dana terproteksi yang dihasilkan tidak menggunakan aset dasar MTN dan return atau imbal hasil tidak setinggi produk sejenis sebelumnya.

"Kami harus terus mengedukasi investor soal ini, karena memang obligasi tidak semenarik MTN," ujar Direktur Utama PT BNI Asset Management Reita Farianti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper