Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efisiensi, Laba HITS Melonjak Drastis

Efisiensi yang dilakukan oleh PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. pada paruh pertama tahun ini membuahkan hasil. Laba perseroan mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

Bisnis.com, JAKARTA - Efisiensi yang dilakukan oleh PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. pada paruh pertama tahun ini membuahkan hasil. Laba perseroan mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

Dari laporan keuangan yang dirilis perseroan, laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada semester I/2018 mencapai US$7,53 juta, naik sebesar 151,78% dibandingkan pada periode sama tahun lalu yakni hanya US$2,99 juta.

Presiden Komisaris emiten bersandi HITS tersebut, Theo Lekatompessy menjelaskan, pada enam bulan pertama tahun ini beban perseroan memang cukup terpangkas, yakni karena adanya efisiensi dan frekuensi docking yang tidak terlalu banyak.

"Beban kami turun karena dua hal itu. Efisiensi jelas kami lakukan, dan docking itu karena memang sudah terjadwal, jadi ada kenaikan laba dan pendapatan," kata dia di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/7/2018).

Pendapatan perseroan tercatat tumbuh sebesar 3,86% dari US$34,81 juta pada semester I/2017 menjadi US$36,16 juta pada semester I/2018. Sedangkan jumlah beban usaha terpangkas cukup besar yakni 19,39%.

Pada periode Januari-Juni tahun ini, total beban usaha HITS hanya senilai US$5,05 juta, jauh lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$6,27 juta.

Sementara itu, total aset HITS per akhir Juni lalu tercatat senilai US$192,41 juta, naik hingga 9,6% dibandingkan posisi per akhir Desember tahun lalu yang tercatat senilai US$175,55 juta.

Theo optimistis kinerja positif ini akan bertahan hingga penghujung tahun mendatang. "Semua yang dikerjakan ini atas dasar kontrak. Yang dikerjakan pada paruh pertama ini jadi refleksi [kinerja pada paruh kedua]," ujarnya.

Sejauh ini, perseroan telah menambah satu unit kapal untuk memperluas bisnisnya. Disamping itu, HITS berencana menambah lagi satu unit kapal pada kuartal keempat mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper