Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Semester l/2018: Pakuwon Jati (PWON) Catatkan Lonjakan Pendapatan 14,4%

PT Pakuwon Jati Tbk. membukukan pendapatan bersih Rp3,38 triliun pada semester pertama tahun ini, meningkat 14,4% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,95 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pakuwon Jati Tbk. membukukan pendapatan bersih Rp3,38 triliun pada semester pertama tahun ini, meningkat 14,4% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,95 triliun.

Laba komprehensif tercatat sebesar Rp1,28 triliun, naik 32% dari tahun 2017 yang sebesar Rp969 miliar. Di luar penyesuaian atas kurs mata uang asing dan penalti atas penebusan utang obligasi, laba komprehensif emiten dengan kode saham PWON ini tumbuh 31,7% pada semester l/2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Minarto Basuki, Direktur dan Corporate Secretary Pakuwon Jati, mengatakan bahwa komposisi pendapatan semester l/2018 terdiri atas 49% recurring revenue dan 51% development revenue. "Hal ini konsisten dengan strategi perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang antara recurring dan development revenue," kata Minarto dalam siaran pers, Selasa (24/7/2018).

Recurring revenue perseroan pada semester pertama tahun ini mencapai Rp1,66 triliun, naik 19,2% dibandingkan dengan semester pertama tahun 2017 yang sebesar Rp1,39 triliun.

Capaian ini ditunjang antara lain kenaikan pendapatan dari pusat perbelanjaan Pakuwon Mall tahap 2 dan 3 yang telah dibuka Februari 2017 dan Tunjungan Plaza Mall tahap 6 yang dibuka September 2017 serta tambahan dari pusat-pusat perbelanjaan ritel dan hotel-hotel existing Perseroan.

Development revenue perseroan pada semester pertama tahun 2018 mencapai Rp1,72 triliun, naik 10,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang sebesar Rp1,56 triliun, karena pengakuan pendapatan dari penjualan rumah di Pakuwon City Surabaya.

Pengeluaran belanja modal pada semester pertama tahun 2018 yang telah dikucurkan oleh perseroan mencapai Rp842 miliar untuk membiayai proyek-proyek konstruksi Kota Kasablanka Tahap 2, Tunjungan Plaza 6, dan Pakuwon Mall extension serta pembebasan tanah.

Telah beroperasinya pusat perbelanjaan ritel Pakuwon Mall tahap 2 dan 3 dan Tunjungan Plaza tahap 6 akan memberikan tambahan pendapatan recurring penuh di tahun 2018.

Development revenue PWON juga akan terus tumbuh dengan pengakuan pendapatan atas penjualan apartemen baru di Superblok Pakuwon Mall, apartemen dan office di Kota Kasablanka tahap 2, landed residential di Pakuwon City dan Grand Pakuwon.

Pakuwon Jati, adalah pemilik, pengelola dan pengembang properti yang tahun ini memasuki usianya yang ke 36 tahun. Perusahaan telah tercatat di BEI sejak 1989. Perseroan memiliki konsep bisnis yang terdiversifikasi dengan baik melalui investment property maupun property development.

Berikut portofolio properti yang dimiliki Perseroan:
Superblok Gandaria City, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan
hotel)
Superblok Kota Kasablanka, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran)
Somerset Berlian, Jakarta (apartemen servis)
Blok M Plaza, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel)
Superblok Tunjungan City, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan
hotel)
Superblok Pakuwon Mall, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen servis, serta
apartemen dan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 yang sedang dalam konstruksi)
Royal Plaza, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel)
Pakuwon City township, Surabaya Timur (landed residential dan apartemen)
Grand Pakuwon township, Surabaya Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper