Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap Ekspansi, Barito Pacific (BRPT) Siapkan Capex Jumbo

Dalam ekspansi di sektor energi dan petrokimia, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) menyiapkan belanja modal jumbo terutama untuk ketiga anak usahanya, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), Star Energy, dan PT Barito Wahana Lestari.
Pabrik Chandra Asri Cilegon/Antara
Pabrik Chandra Asri Cilegon/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam ekspansi di sektor energi dan petrokimia, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) menyiapkan belanja modal jumbo terutama untuk ketiga anak usahanya, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), Star Energy, dan PT Barito Wahana Lestari.

TPIA mewakili ekspansi perusahaan milik taipan Prajogo Pangestu ini di bidang petrokimia. Ada 6 proyek yang sedang dan akan dikerjakan perusahaan pada periode 2018—2020.

Seluruh proyek itu membutuhkan belanja modal senilai US$1,19 miliar. Status pendanaannya sudah fully funded sehingga dana siap dikucurkan.

Keenam proyek akan menambah kapasitas produksi petrokimia perusahaan sebesar 900.000 ton menjadi 4,2 juta ton per tahun pada 2020. Sebelumnya pada 2017, kapasitas produksi TPIA baru mencapai 3,3 juta ton per tahun.

Direktur Independen sekaligus CFO Barito Pacific David Kosasih menyampaikan, perusahaan sedang menggarap sejumlah proyek petrokimia untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini dilakukan seiring dengan tingginya permintaan dan konsumsi masyarakat.

“Industri petrokimia trennya bertumbuh selalu bertumbuh di atas PDB sedikit. Jadi ketika PDB 5%-an, kita bisa di atas itu,” ujarnya, Rabu (18/7/2018).

Kendati produk-produk kimia plastik kurang dikenal, sebetulnya bahan-bahan tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kemasan sampo, makanan, dan sebagainya.

Dalam jangka panjang, perusahaan juga akan mengembangkan komplek pabrik Chandra Asri Petrochemical II (CAP 2). Final investment decision (FID) diperkirakan pada awal 2020 dengan proyeksi pembiayaan US$4,5 miliar—US$5 miliar.

Untuk sumber pendanaan, perusahaan sedang menjajaki berbagai opsi. Salah satunya ialah melalui rights issue PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA).

“Kami sedang menjajaki struktur pendanaan yang optimal. Tentunya komposisi ekuitas dan eksternal. Ada juga opsi right issue Chandra Asri, tetapi sepertinya [rights issue] tidak tahun ini,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper