Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: ECB Tahan Suku Bunga Acuan, Indeks Stoxx 600 Reli

Bursa saham Eropa melonjak pada sesi perdagangan, Kamis (14/6/2018) waktu setempat, setelah Bank Sentral Eropa atau European Central Bank memutuskan untuk menjaga suku bunga acuan hingga musim panas 2019 dan segera mengakhiri program pembelian obligasi.
Bursa Eropa menguat./.
Bursa Eropa menguat./.

Bisnis.com,JAKARTA— Bursa saham Eropa melonjak pada sesi perdagangan, Kamis (14/6/2018) waktu setempat, setelah Bank Sentral Eropa atau European Central Bank memutuskan untuk menjaga suku bunga acuan hingga musim panas 2019 dan segera mengakhiri program pembelian obligasi.

Berdasarkan data Reuters, Indeks Stoxx 600 menguat 4,79 poin atau 1,23% ke level 393,04 pada sesi penutupan perdagangan, Kamis (14/6/2018). Sementara, Indeks GDAXI tercatat menguat 216,52 poin atau 1,68% menuju level 13.107,10.

Edmund Shing, Head of Equity Derivatives BNP Paribas menjelaskan bahwa kebijakan suku bunga rendah akan memastikan likuiditas tetap kuat. Semakin lama kebijakan tersebut diberlakukan, likuiditas dalam jangka panjang akan tetap terjaga.

“Salah satu kunci utama untuk manajemen risiko aset yakni likuiditas terlepas permasalahan lainnya,” ujarnya seperti dikutip melalui Reuters, Jumat (15/6/2018).

Di sisi lain, sektor otomotif naik 1,8% atau menjadi yang terkuat dalam 2,5 bulan terakhir. Pergerakan ditopang oleh tren mata uang euro yang melemah.

Sementara itu, saham Roll-Royce naik 6,5% setelah menyatakan akan menghemat US$525 juta dengan memangkas 4.600 pekerjaan. Langkah itu dinilai dapat membuat perseroan menghasilkan lebih banyak uang.

Saham Denmark GN Store Nord menjadi penopang pergerakan utama Indeks Stoxx 600. Tercatat, pergerakan menguat 12,2% setelah perseroan menaikkan proyeksi pendapatan dan laba bersih 2018.

Selanjutnya, saham produsen obat GSK tercatat naik 2,3%. Pergerakan disusul oleh saham Volkswagen yang terkerek 2,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper