Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komentar Moody’s Ini Hembuskan Sentimen Positif di Bursa China

Pergerakan bursa saham China berhasil menguat pada akhir perdagangan hari kedua berturut-turut, Selasa (5/6/2018), pascarilis survei swasta yang ekspansi sektor jasa dengan laju yang stabil pada Mei.
Bursa China/Reuters
Bursa China/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan bursa saham China berhasil menguat pada akhir perdagangan hari kedua berturut-turut, Selasa (5/6/2018), pascarilis survei swasta yang ekspansi sektor jasa dengan laju yang stabil pada Mei.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,74% atau 23,01 poin di level 3.114,21, meski dibuka di zona merah dengan pelemahan 0,10% atau 3,18 poin di posisi 3.088,01.

Adapun indeks CSI 300 di Shenzhen yang berisi saham-saham bluechip berakhir menguat 0,99% atau 37,74 poin di level 3.845,32, setelah ditutup menguat 0,98% atau 36,99 poin di posisi 3.807,58 pada perdagangan Senin (4/6).

Dilansir dari Reuters, Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) Caixin/Markit sektor jasa tidak berubah pada bulan Mei dari bulan April di level 52,9. Angka ini menunjukkan ekspansi yang stabil meskipun pada kecepatan yang sedikit lebih lambat dari tahun sebelumnya.

Sentimen positif juga mendapatkan dorongan setelah Moody's Investors Service mengatakan bahwa restrukturisasi ekonomi China meningkatkan lajunya, dengan sektor manufaktur menunjukkan tanda-tanda peralihan ke area bernilai tambah yang lebih tinggi.

“Jika langkah-langkah tersebut mengarah pada realokasi tenaga kerja dan sumber daya modal yang mengalihkan kredit terhadap sektor-sektor dengan pertumbuhan produktivitas yang lebih tinggi, maka akan mendukung kualitas kredit pemerintah China dengan meningkatkan kemampuan utangnya,” ujar Marie Diron, managing director Moody's Sovereign Risk Group, dalam suatu konferensi di Beijing.

Terkait perkembangan perdagangan, China menyatakan bahwa pintu menuju perundingan secara prinsip terbuka, sehari setelah pemerintah China memperingatkan bahwa setiap perdagangan dan kesepakatan bisnis yang dicapai dengan Washington akan batal jika Amerika Serikat memberlakukan tarif.

Saham dengan persentase penguatan terbesar pada indeks Shanghai hari ini adalah Guodian Nanjing Automation Co. Ltd. (+10,11%), diikuti Neusoft Corp (+10,04%), dan Zhejiang XinAn Chemical Industrial Group Co Ltd (+10,03%).

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong lanjut berakhir menguat 0,31% atau 95,47 poin di level 31.093,45 pada perdagangan hari ini, penguatan di perdagangan hari keempat berturut-turut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper