Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KURS RUPIAH Nyaris Sentuh 14.200, Ekonom Beberkan Faktor Penekan

Kurs rupiah atas dollar Amerika Serikat melemah pada perdagangan hari ini, Senin (21/5/2018) hingga nyaris menyentuh 13.200. Pada pk. 10:29 WIB, kurs rupiah atas dollar AS melemah 42 poin atau 0,3% ke Rp14.198 per dollar AS.
Rupiah./..Antara
Rupiah./..Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Kurs rupiah atas dollar Amerika Serikat melemah pada perdagangan hari ini, Senin (21/5/2018) hingga nyaris menyentuh 13.200.

Pada pk. 10:29 WIB, kurs rupiah atas dollar AS melemah 42 poin atau 0,3% ke Rp14.198 per dollar AS.

Sementara itu pada pk. 10:56 WIB, indeks dollar AS menguat 0,21% ke level 93,834.

Imbal hasil obligasi AS memang telah meninggalkan level tertingginya, tapi tetap berada di atas 3%. Pada pk. 11:06 WIB yield bertenor 10 tahun ke 3,06%.

“Rupiah diproyeksi melemah hingga 14.300 sampai pekan depan,” kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira kepada Bisnis.com, hari ini, Senin (21/5/2018).

Dia mengemukakan efek dari kenaikan bunga acuan BI memang tidak terlalu berdampak positif ke pelaku pasar, karena hanya naik 25 bps menjadi 4,5%. R

“Respons BI agak terlambat dan hanya naik 25 bps bukan 50 bps.” Kata Bhima.

Sebelumnya investor sudah melakukan price in atau antisipasi kebijakan bunga acuan ke harga saham. Efek kenaikan bunga acuan juga tidak bisa menahan besarnya tekanan global.

Salah satunya yield spread antara Treasury bills 10 tahun dan SBN makin lebar. Yield Treasury tenor 10 tahun naik cukup signifikan menjadi 3,11% sementara SBN ditenor yg sama saat ini sebesar 7,3%. Ada spread 419 basis poin. Lebarnya perbedaan yield menjadi indikasi investor cenderung melepas kepemilikan SBN.

Faktor lain karena indeks dolar terus mengalami kenaikan dalam 1 bulan terakhir. Indeks dolar merupakan perbandingan kurs dolar AS dengan 6 mata uang paling dominan di dunia.

“Jika dolar index naik artinya secara rata rata mata uang dolar semakin perkasa,” kata Bhima.

Sementara tambahnya, investor juga masih mencermati data ekonomi global seperti laporan klaim pengangguran dan data manufaktur AS. Hal ini untuk menentukan arah kenaikan bunga acuan Fed rate berikutnya, khususnya bulan Juni mendatang di rapat FOMC.

Disisi yang lain laporan Beige Book yang dirilis Goldman Sachs mengungkap kekhawatiran para investor terkait perang dagang AS China.

“Alhasil dalam satu minggu terakhir investor asing masih melakukan net sales atau penjualan bersih saham Rp3,2 triliun,” kata Bhima.

Investor juga terus mengevaluasi data dalam negeri seperti pertumbuhan ekonomi yang stagnan, neraca perdagangan yang negatif di April dan defisit transaksi berjalan kuartal I/2018 mencapai US$5,5 miliar.

“Faktor global dan domestik ini bisa menentukan fluktuasi nilai tukar rupiah dalam jangka panjang,” kata Bhima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper