Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar China Respons Kuat Ditundanya Perang Dagang

Bursa saham China berhasil melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan hari kedua berturut-turut, Senin (21/5/2018), seiring meredanya tensi perdagangan setelah Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin menyatakan menangguhkan perang dagang dengan China.
Bursa China SHCI/Reuters
Bursa China SHCI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China berhasil melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan hari kedua berturut-turut, Senin (21/5/2018), seiring meredanya tensi perdagangan setelah Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin menyatakan menangguhkan perang dagang dengan China.

Indeks CSI 300 di Shenzhen yang berisi saham-saham bluechip berakhir menguat 0,47% atau 18,18 poin di level 3.921,24, setelah ditutup menanjak 1,01% atau 39,01 poin di posisi 3.903,06 pada perdagangan Jumat (18/5).

Adapun indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,64% atau 20,54 poin di level 3.213,84, setelah berakhir menanjak 1,24% atau 39,02 poin di posisi 3.193,30.

Menurut Mnuchin, pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan mengenakan tarif pada produk-produk China untuk saat ini, setelah kedua negara membuat kemajuan terkait isu perdagangan selama dua hari perundingan.

“Kami sedang menunda perang perdagangan. Jadi saat ini, kami sepakat untuk menangguhkan pengenaan tarif, sementara kami mencoba melaksanakan kerangka kerjanya,” ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin kepada 'Fox News Sunday', seperti dikutip Bloomberg.

China menyatakan akan meningkatkan pembelian barang-barang Amerika Serikat (AS) secara signifikan, meski masih belum jelas nilai peningkatan yang dimaksud.

“Kesepakatan AS-China sepatutnya memberi kelegaan pada investor karena perang dagang berskala penuh telah dihindari,” ujar Tai Hui, Chief Market Strategist for Asia Pacific, J.P. Morgan Asset Management, seperti dikutip Reuters.

Sejumlah perusahaan transportasi, khususnya perusahaan pengapalam, menjadi pendorong terbesar terhadap reli bursa China, dengan saham Cosco Shipping Holdings ditutup naik 7,4%. Menurut para analis, kesepakatan penghentian perang dagang ini positif untuk permintaan pengapalan.

Sejalan dengan bursa China, indeks Hang Seng Hong Kong melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari kedua berturut-turut. Hang Seng hari ini berakhir menguat 0,60% atau 186,44 poin di level 31.234,35.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper