Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segmen Internasional Topang Pendapatan Samudera Indonesia pada Kuartal I/2018

PT Samudera Indonesia Tbk. meraup pendapatan sebesar US$107,79 juta (tidak diaudit) sepanjang kuartal I/2018. Pendapatan dari segmen luar negeri bertumbuh di kisaran 14%-38%, sedangkan pendapatan di segmen domestik terkoreksi.
Ilustrasi Samudera Indonesia
Ilustrasi Samudera Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Samudera Indonesia Tbk. meraup pendapatan sebesar US$107,79 juta (tidak diaudit) sepanjang kuartal I/2018. Pendapatan dari segmen luar negeri bertumbuh di kisaran 14%-38%, sedangkan pendapatan di segmen domestik terkoreksi.

Berdasarkan laporan keuangan Samudera Indonesia yang dikutip Bisnis.com, Senin (30/4/2018), pendapatan perseroan di segmen domestik turun 3,3% menjadi US$60,7 juta. Pendapatan dari angkutan domestik masih menjadi kontributor utama dengan pangsa 56% terhadap total pendapatan.

Sementara itu, segmen internasional terdiri dari pasar Asia Tenggara, Timur Tengah, dan India. Dari operasional di wilayah Asia Tenggara, Samudera Indonesia mencetakk pendapatan US$29,17 juta atau tumbuh 14,5%.

Di sisi lain, pendapatan dari angkutan ke Timur Tengah dan India tumbuh 38% menjadi US$14,36 juta. Segmen internasional berkontribusi 44% terhadap total pendapatan perseroan.

Berdasarkan jenis usaha, pendapatan dari uang tambang atau freight menyumbang US$63,67 juta atau tumbuh 11,39% secara tahunan. Kontributor pendapatan lainnya yakni segmen keagenan dan terminal sebesar US$24,74 juta dan usaha penanganan peti kemas sebanyak US$11,83 juta.

Selain pendapatan operasional, Samudera Indonesia juga mencetak pendapatan dari keuntungan penjualan aset sebesar US$1,45 juta. Berkat kenaikan pendapatan, emiten berkode SMDR itu membukukan laba bersih sebanyak US$1,74 juta atau meningkat 11,16% secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper