Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moody's Meningkatkan Peringkat SRIL dari B1 Menjadi Ba3

Moody's Investors Service telah meningkatkan peringkat perusahaan atau corporate family rating (CFR) PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex (SRIL) menjadi Ba3 dari semula B1 dengan outlook stabil.
Pabrik tekstil Sritex/Antara-R. Rekotomo
Pabrik tekstil Sritex/Antara-R. Rekotomo

 Bisnis.com, JAKARTA—Moody's Investors Service telah meningkatkan peringkat perusahaan atau corporate family rating (CFR) PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex (SRIL) menjadi Ba3 dari semula B1 dengan outlook stabil.

Moody's juga meningkatkan peringkat dua surat utang senior tanpa jaminan perseroan ke Ba3 dari B1 dengan outlook stabil. Kedua surat utang tersebut yakni senilai US$350 juta yang akan jatuh tempo pada 2021 dan senilai US$150 juta yang akan jatuh tempo pada 2024.

Surat utang ini diterbitkan oleh Golden Legacy Pte. Ltd. tanpa syarat dan tidak dapat dibatalkan. Surat utang tersebut dijamin oleh Sritex dan anak perusahaannya.

"Peningkatan CFR Sritex ke Ba3 mencerminkan rekam jejak yang mapan dengan tingkat pertumbuhan organik yang tinggi, ekspansi marjin dan proyeksi Moody akan kuatnya permintaan terhadap produk tekstil dan garmen pada tahun 2018 dan 2019," kata Brian Grieser, Wakil Presiden Moody dalam keterangan resmi, Selasa (17/4/2018).

EBITDA Sritex tumbuh secara organik menjadi US$165 juta pada tahun 2017 dari US$92 juta pada tahun 2014. Marjinnya meningkat menjadi sekitar 22% pada tahun 2017 dari 20% pada tahun 2013. Peningkatan ini jauh melebihi harapan Moody.

Pertumbuhan EBITDA dan marjin perseroan didorong oleh program belanja modal yang dibiayai penuh oleh Sritex yang diselesaikan pada tahun 2016, dan peningkatan fasilitas produksi untuk mendekati kapasitas penuh pada tahun 2017.

Sritex menggandakan kapasitas bisnis tenun dan finishing, sambil meningkatkan bisnis garmen yang bermarjin tertinggi sebesar 150% hingga 30 juta garmen dari 12 juta pada tahun 2013.

Meskipun ada peningkatan besar dalam utang untuk mendanai ekspansi, Sritex telah mempertahankan rasio utang / EBITDA yang disesuaikan antara 3,75x dan 4,25x selama tiga tahun terakhir.

Moody mengharapkan leverage dapat dipertahankan antara 3,5x dan 4,0x di 2018, karena modal kerja dan kapasitas investasi moderat ke depan.

Fluktuasi modal perusahaan akan tetap sangat volatile dan tidak dapat diprediksi mengingat musim industri garmen yang bersifat musiman, ukuran dan dan waktu pengiriman pelanggan pesanan yang bervariasi.

Dengan demikian, Moody menilai akan ada volatilitas material triwulanan dalam arus kas operasi. Sritex telah melakukan pembelian persediaan besar dengan utang jangka pendek yang disediakan oleh beberapa besar bank.

"Moody’s memandang keberhasilan Sritex mengelola volatilitas modal kerjanya, ditambah dengan profil bisnisnya yang meningkat, konsisten dengan peringkat Ba3," tambah Grieser.

Likuiditas Sritex mencukupi mengingat tingginya ketergantungan pada pendanaan jangka pendek dan fluktuasi modal kerja material. Namun, Moody’s mencatat bahwa Sritex biasanya membawa saldo kas yang tinggi dan bahwa persediaan dan piutangnya biasanya lebih dari 3,0x cakupan utang jangka pendek.

Moody's memproyeksikan belanja modal SRIL menjadi US$30- US$40 juta pada tahun 2018, yang difokuskan terutama pada pemeliharaan dan meningkatkan tingkat utilisasi.

Pada Februari 2018, Sritex mengakuisisi PT Bitratex Industries dan PT Primayudha Mandirijaya (PM) senilai $ 85 juta dalam bentuk tunai dan asumsi sekitar $ 55 juta dari utang. Komponen uang tunai sebagian didanai dengan mengeluarkan ekuitas US$50 juta.

Moody's memperkirakan marjin EBITDA Sritex akan turun antara 100 hingga 200 basis poin pada 2018 mengingat fokus kedua perusahaan baru tersebut adalah pada bisnis benang yang marjinnya lebih rendah dibandingkan dengan bisnis garmen dan kain Sritex yang lebih tinggi.

Namun, akuisisi tersebut memberikan Sritex kapasitas baru, akses ke lini produk yang lebih luas, dan pelanggan baru.

Prospek stabil mencerminkan harapan Moody bahwa permintaan yang kuat dari pelanggan domestik dan internasional akan berlanjut pada 2018 dan 2019, mendukung pertumbuhan pendapatan yang solid dan stabilitas marjin.

Moody's mengharapkan modal kerja dan investasi modal akan moderat pada 2018, yang pada gilirannya akan mendukung arus kas bebas positif dan profil likuiditas yang membaik.

Peringkat dapat ditingkatkan jika Sritex mempertahankan lintasan pertumbuhannya saat mendanai belanja modal dan modal kerja dengan arus kas yang dihasilkan secara internal dan menurunkan utang.

Metrik keuangan yang akan mendukung peningkatan termasuk: (1) utang / EBITDA dipertahankan di bawah 3.00x bahkan selama periode investasi modal kerja tinggi; (2) EBITA / bunga meningkat di atas 5.0x; atau (3) RCF / utang bersih secara konsisten di atas 20%.

Peringkat dapat diturunkan jika Sritex memulai program pengeluaran modal atau akuisisi modal yang didanai utang besar. Selanjutnya, setiap tanda permintaan pelanggan yang memoderasi atau hubungannya dengan bisnis pihak terkait membebani margin, dapat menekan peringkat.

Metrik keuangan yang akan mendukung downgrade meliputi: (1) utang / EBITDA naik di atas 4,5x; (2) EBITA / beban bunga turun di bawah 2,5x; atau (3) RCF / utang bersih dipertahankan di bawah 10%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper