Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA 2017: Berhasil Catat Laba, Kioson Komersial (KIOS) Kian Gencarkan Ekspansi

Emiten penyedia jasa teknologi online-to-offline (O2O), PT Kioson Komersial Indonesia membukukan kinerja penjualan menggembirakan pada 2017.
Dirut BEI Tito Sulistio (dari kiri) menyaksikan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan bersama Komisaris dan Founder Kioson Roby Tan, Dirut dan Co-Founder  Jasin Halim dan Viperi Limiardi menekan tombol dalam seremonial pengumuman pencatatan saham perdana (IPO) PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Kioson), di Jakarta Kamis (5/10)./JIBI-Abdullah Azzam
Dirut BEI Tito Sulistio (dari kiri) menyaksikan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan bersama Komisaris dan Founder Kioson Roby Tan, Dirut dan Co-Founder Jasin Halim dan Viperi Limiardi menekan tombol dalam seremonial pengumuman pencatatan saham perdana (IPO) PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (Kioson), di Jakarta Kamis (5/10)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten penyedia jasa teknologi online-to-offline (O2O), PT Kioson Komersial Indonesia membukukan kinerja keuangan menggembirakan pada 2017.

Tahun lalu, penjualan bersih perseroan tercatat mencapai Rp1,13 triliun. Adapun, angka penjualan bersih tersebut dikontribusikan dari bisnis product digital sebesar Rp1,09 triliun serta bisnis gabungan dari e-commerce dan lain-lain.

Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan perseroan, emiten dengan kode saham KIOS yang baru melaksanakan IPO pada tahun lalu tersebut menyampaikan capaian laba bersih 2017 sebesar Rp2,93 miliar. Pada tahun 2016, perseroan masih mencatatkan rugi senilai Rp11,3 miliar.

Direktur Utama Kioson Komersial Indonesia, Jasin Halim mengungkapkan bahwa tahun lalu merupakan tonggak penting perjalanan perusahaan yang mulai beroperasi pada 2015 tersebut. Pasalnya, tahun lalu KIOS melakukan beberapa manuver bisnis seperti mengakuisisi perusahaan lain, dan menjadi perusahaan rintisan (start up) pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

“Meningkatnya kinerja perusahaan di akhir 2017 ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang kami lakukan sejak awal 2017 dan kami optimis untuk dapat menorehkan kinerja yang lebih positif di tahun 2018 ini dengan fokus pada ekpansi bisnis dan inovasi teknologi,” ungkap Jasin, Senin (16/4/2018).

Jasin mengungkapkan, selama 2017 KIOS melakukan ekpansi bisnis dan perluasan pasar hampir secara merata di berbagai daerah lapisan kedua dan ketiga di Indonesia.

Hasilnya, per Desember 2017, sekitar 30.000 pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera telah menjalin kemitraan dengan Kioson. Adapun angka pertumbuhan mitra kios ini mengalami peningkatan sebesar 400% dari tahun 2016.

Tahun ini, perseroan akan fokus menjajaki berbagai kemungkinan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka baik di bidang telekomunikasi, perbankan, keuangan, asuransi serta e-commerce sebagai channel penjualan langsung, guna menambah kenyamanan dan fitur yang tersedia di aplikasi Kioson bagi para mitra.

Melalui kolaborasi, diharapkan mampu untuk mendorong ekspansi pasar sekaligus memperkaya kualitas layanan agar dapat terus memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mitra kios Kioson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper