Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Batu Bara Rebound Hampir 1%

Harga batu bara berhasil membukukan rebound pada akhir perdagangan Selasa (27/3/2018), mematahkan rentetan pelemahan empat sesi berturut-turut sebelumnya.
Pekerja berjalan di atas timbunan batu bara, di Asam-asam, Kalimantan Selatan./Bloomberg-Dadang Tri
Pekerja berjalan di atas timbunan batu bara, di Asam-asam, Kalimantan Selatan./Bloomberg-Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA – Harga batu bara berhasil membukukan rebound pada akhir perdagangan Selasa (27/3/2018), mematahkan rentetan pelemahan empat sesi berturut-turut sebelumnya.

Pada perdagangan Selasa, harga batu bara untuk kontrak Januari 2019 rebound dengan berakhir menguat 0,92% atau 0,70 poin di US$77,10/metrik ton.

Harga batu bara kontrak Januari 2019 sebelumnya telah tertekan selama empat hari perdagangan berturut-turut, sejak ditutup turun 0,32% atau 0,25 poin di posisi 78,25 pada perdagangan Rabu (21/3).

“Harga batu bara mungkin tetap pada level yang relatif tinggi tahun ini saat beberapa kapasitas lanjutan membutuhkan waktu untuk online,” ujar Li Wei, wakil ketua Yanzhou Coal Mining Co. dalam suatu kesempatan pada Senin (26/3), seperti dikutip Bloomberg.

Berbanding terbalik dengan batu hitam, harga minyak mentah berakhir melemah pada perdagangan Selasa (27/3/2018), terbebani kekhawatiran akan lonjakan persediaan minyak mentah Amerika.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei 2018 berakhir turun 30 sen di US$65,25 per barel di New York Mercantile Exchange.

Adapun harga minyak Brent untuk pengiriman Mei 2018 turun 1 sen dan ditutup di US$70,11 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London.

Dilansir Bloomberg, kekhawatiran tentang ketegangan di Timur Tengah telah mengangkat minyak mentah mendekati level tertinggi sejak Januari pada pekan lalu.

Akan tetapi antisipasi kenaikan jumlah persediaan di AS tetap menahan harga menjelang rilis laporan pemerintah pada hari Rabu.

Stok minyak mentah AS diperkirakan naik untuk keempat kalinya dalam lima pekan, dengan bertambah sebesar 850.000 barel pekan lalu, menurut survei Bloomberg.

Harga minyak semakin melemah pagi ini, Rabu (28/3), menyusul rilis data American Petroleum Institute (API) yang melaporkan lonjakan jumlah persediaan sebesar 5,32 juta barel, jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Badan energi AS, Energy Information Administration, akan mengungkapkan data mingguannya pada hari ini waktu setempat.

“Ini cukup memperlambat momentum untuk membukukan level tertinggi baru saat ini,” kata Phil Flynn, analis pasar senior di Price Futures Group. “Data persediaan pekan ini akan menjadi penting untuk sentimen pasar.”

Pergerakan harga batu bara kontrak Januari 2019 di bursa Rotterdam

Tanggal                                    

US$/MT

27 Maret

77,10

(+0,92%)

26 Maret

76,40

(-0,59%)

23 Maret

76,85

(-0,84%)

22 Maret

77,50          

(-0,96%)

21 Maret

78,25

(-0,32%)

 

 

 

 

 

Sumber: Bloomberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper