Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Fokus ke Kinerja Emiten, Indeks Stoxx Ditutup Melemah

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 1,07% atau 4,03 poin ke level 373,68 setelah bergerak pada kisaran 373,13 377,36.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melemah pada perdagangan Senin (19/3/2018) menjelang kenaikan suku bunga AS, sementara berita seputar kinerja emiten serta merger dan akuisisi menjadi fokus investor.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 1,07% atau 4,03 poin ke level 373,68 setelah bergerak pada kisaran 373,13 – 377,36.

Penurunan saham makin tajam menjelang akhir perdagangan setelah indeks FTSE Inggris jatuh ke level terendah 15% setelah Inggris dan Uni Eropa menyetujui transisi pasca-Brexit yang mendorong poundsterling namun membebani indeks saham yang terpapar secara internasional.

Kinerja emiten yang mengecewakan juga membebani perusahaan barang konsumsi Jerman, Henkel, yang turun 2,3% setelah menyatakan kuartal pertama dimulai dengan lambat karena kesulitan pengiriman di Amerika Utara.

Saham Micro Focus turun 46% ke level terendah tiga tahun setelah memangkas perkiraan pendapatan tahunan dan mundurnya CEO perusahaan. Pendapatan merosot menyusul turunnya pendapatan lisensi dan masalah dengan pembelian aset Hewlett Packard Enterprise.

Rontoknya hampir setengah dari valuasi perusahaan tersebut menyebabkan indeks sektor teknologi Eropa turun 2,5%, penurunan terburuk sejak awal Februari ketika pasar saham global merosot.

Analis Unicredit mengatakan bahwa mereka telah menurunkan rating sektor teknologi menjadi 'netral' dan meningkatkan sektor utilitas menjadi ‘overweight’, dengan alasan investor harus meningkatkan kepemilikan saham dari sektor defensif menyusul naiknya indikator ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper