Ekspansi ke Brazil: Anak Usaha Indofood Sukses Makmur (INDF) Ini Bentuk Joint Venture

Emiten barang-barang konsumsi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. melalui entitas anak Indofood Agri Resources Ltd. melakukan investasi 50% saham Canapolis Holding dengan nilai investasi senilai US$7,2 juta.
Novita Sari Simamora | 20 Februari 2018 16:10 WIB
Direktur Utama Indofood Sukses Makmur Franciscus Welirang - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten barang-barang konsumsi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. melalui entitas anak Indofood Agri Resources Ltd. melakukan investasi 50% saham Canapolis Holding dengan nilai investasi senilai US$7,2 juta.

Adapun IndoAgri Agri Resources melalui entitas anaknya yang berada di Brazil yaitu IndoAgri Brazil Participacoes Ltda. (IndoAgri Brazil) bersama dengan joint venture, JF Iinvestimentos S.A (JA) telah setuju untuk melakukan investasi dalam perusahaan patungan yaitu Canapolis.

“Sesuai dengan share subsription agreement yang ditandatangani IndoAgri Brazil dan JF, masing-masing pihak akan melakukan setor modal awal sebesar US$7,2 juta,” tulis manajemen melalui keterbukaan informasi yang dikutip, Selasa (20/2/2018).

Setelah IndoAgri Brazil dan JF dengan komposisi kepemilikan 50%:50%. IndoAgri Brazil telah melakukan setoran modal sebesar 50% pada 15 Februari 2018.

Grup Canapolis didirikan pada November 2017, dan pada Desember 2017 telah mengakuisisi sebuah pabrik gula di Minas Gerais, Brasil dengan kapasitas penggilingan tebu sekitar 1,8 juta ton/ tahun berikut lahan seluas 6.048 hektar (aset) melalui proses lelang pengadilan terkait kepailitan yang dialami oleh pemilik sebelumnya.

Adapun nilai akuisisi atas aset di atas senilai US$42 juta, yang akan dibayarkan dengan empat kali angsuran, dengan angsuran terakhir Juni 2019.

Grup Canapolis berharap dapat mulai mengoperasikan pabrik tersebut pada 2020, setelah penanaman tebu dan rehabilitasi pabrik selesai dilaksanakan. Adapun belanja modal untuk penanaman tebu dan rehabilitasi pabrik akan menggunakan pinjaman dari bank.

Tag : indofood
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top