Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelunasan Divestasi Tol Cipali, Surya Semesta Internusa (SSIA) Kantongi Rp2,18 Triliun

Emiten kontraktor dan pengembang kawasan industri PT Surya Semesta Internusa Tbk. telah menerima pelunasan pembayaran sebesar 85% atau Rp2,18 triliun atas divestasi unit usaha jalan tolnya kepada PT Astratel Nusantara.
/suryainternusa
/suryainternusa

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten kontraktor dan pengembang kawasan industri PT Surya Semesta Internusa Tbk. telah menerima pelunasan pembayaran sebesar 85% atau Rp2,18 triliun atas divestasi unit usaha jalan tolnya kepada PT Astratel Nusantara.

Penandatangan pelunasan pembayaran tersebut telah dilakukan antara manajemen perseroan dan Astratel Nusantara pada Rabu (17/1/2018).

Tahun lalu, emiten dengan kode saham SSIA ini telah resmi mendivestasikan unit usaha jalan tolnya, yakni tol Cikopo-Palimanan kepada Grup Astra melalui Astratel Nusantara.

Jalan tol tersebut semula dimiliki secara tidak langsung oleh dua entitas anak perseroan, yakni PT Karsa Sedaya Sejahtera (KSS) dan PT Nusa Raya Cipta Tbk. (NRCA). Keduanya memiliki saham dalam PT Baskhara Utama Sedaya (BUS) yang merupakan pemilik 45% saham PT Lintas Marga Sedaya (LMS), operator tol Cipali.

Secara tidak langsung, kepemilikan SSIA pada LMS melalui KSS adalah 20,5%, sementara NRCA 2,2%. Dengan demikian, dari total nilai transaksi divestasi ini senilai Rp2,34 triliun bagi KSS dan Rp223 miliar bagi NRCA.

Sesuai perjanjian, 85% dari total penjualan atau Rp2,18 triliun baru akan dibayarkan awal tahun ini, sementara sebesar 15% atau Rp385 miliar telah diterima SSIA dan NRCA pada 8 Mei 2017 lalu.

“Perseroan melihat divestasi jalan tol Cikopo Palimanan adalah sangat positif untuk dapat memperoleh modal tambahan guna membuka peluang investasi baru. Terutama untuk pengembangan bisnis utama perseroan, yairu perluasan kawasan industri di daerah Subang, yang rencananya akan rampung pada 2019,” ungkap manajemen perseroan dalam keterangan resmi, Rabu (17/1/2018).

Jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer diresmikan pada bulan Juni 2015, merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa. Jalan Tol Cikopo-Palimanan melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper