Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha Indomobil Multi Jasa (IMJS) Terbitkan Obligasi Rp750 Miliar

Anak usaha PT Indomobil Multi Jasa Tbk., (IMJS), PT Indomobil Finance Indonesia menerbitkan obligasi sebesar Rp750 miliar untuk modal kerja pembiayaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha PT Indomobil Multi Jasa Tbk., (IMJS), PT Indomobil Finance Indonesia menerbitkan obligasi sebesar Rp750 miliar untuk modal kerja pembiayaan.

CEO Indomobil Finance Indonesia Gunawan menyampaikan, perusahaan menerbitkan obligasi sebesar Rp750 miliar sebagai Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III tahap II tahun 2018. Saat ini sedang dalam masa penawaran awal atau bookbuilding.

"Penggunaan dana obligasi tersebut untuk modal kerja pembiayaan," tuturnya kepada Bisnis.com, Rabu (10/1/2018).

Ada tiga seri yang ditawarkan perusahaan yang 99,87% sahammnya dimiliki IMJS ini. Pertama, seri A dengan jangka waktu 370 hari dan indikasi tingkat bunga 6,25%-7% per tahun.

Kedua, seri B dengan jangka waktu 36 bulan dan indikasi tingkat bunga 7,25%-8%. Ketiga, seri C dengan jangka waktu 60 bulan dan indikasi tingkat bunga 7,50%-8,25%. Pembayaran bunga akan dilakukan per 3 bulan.

Menurut Gunawan, PUB III Indomobil Finance tahap II 2018 mendapat peringkat idA positif dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Hal ini melihat kinerja perusahaan yang baik di bidang pembiayaan otomotif dan sinergi kuat dengan Indomobil Group untuk menggarap capitive market.

Ekspansi perusahaan cukup luas mencakup bisnis pembiayaan produk motor, mobil, dan truk. Perusahaan juga beberapa kali mendapatkan kredit sindikasi dari perbankan dan rekam jejak pembayaran obligasi yang baik.

"Kami kerap melakukan diversifikasi sumber pendanaan dari perbankan ataupun institusi keuangan lainnya, baik nasional dan internasional," paparnya.

Dalam surat utang kali ini, ada 7 perusahaan efek yang bertindak sebagai underwriter, yakni yakni PT RHB Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT CIMB Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT OCBC Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas.

Gunawan optimistis penerimaan pasar terhadap PUB perusahaan akan baik mengingat belum banyak emiten yang menerbitkan obligasi pada awal 2018. Alhasil potensi likuiditas masih banyak.

Di samping itu, secara historis penerimaan pasar akan positif seperti penerbitan obligasi sebelumnya. PUB III Indomobil Finance tahap II 2018 merupakan peluncuran obligasi ke-14 yang dilakukan oleh perusahaan.

Total penerbitan obligasi Indomobil Finance adalah Rp8,21 triliun. Adapun surat utang yang sudah dilunasi mencakup Rp5,56 triliun atau 67,69%.

Berdasarkan publikasi PT Indo Premier Sekuritas jadwal penerbitan PUB III Indomobil Finance tahap II 2018 mencakup masa bookbuilding pada 9-23 Januari 2018, masa penawaran umum 8-12 Februai 2018.

Selanjutnya, penjatahan pada 13 Februari 2018, pembayaran dari investor 14 Februari 2018, distribusi obligasi 15 Februari 2018, dan pencatatan di bursa 19 Februari 2018.

"Jaminan obligasi ini ialah 50% dari total penerbitan berupa piutang," papar laporan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper