Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Minyak OPEC Stabil Pada Desember 2017

Produksi minyak mentah OPEC bertahan stabil pada bulan Desember, saat organisasi negara pengekspor minyak tersebut memasuki tahun baru upaya pembatasan output seperti yang telah disepakati.

Bisnis.com, JAKARTA – Produksi minyak mentah OPEC bertahan stabil pada bulan Desember, saat organisasi negara pengekspor minyak tersebut memasuki tahun baru upaya pembatasan output seperti yang telah disepakati.

Menurut survei Bloomberg News terhadap sejumlah analis, perusahaan minyak, dan data pergerakan kapal, keempat belas anggota OPEC memompa 32,47 juta barel per hari (bph) bulan lalu.

Produksi minyak Libya mengalami penurunan sebesar 30.000 bph menjadi 970.000 bph pasca ledakan pipa, meski diimbangi oleh peningkatan dari Nigeria.

Kedua negara tersebut dibebaskan dari langkah pemangkasan produksi yang disepakati tahun lalu namun kini diperkirakan akan turut serta dengan batas produksi gabungan sebesar 2,8 juta bph.

Seperti diketahui, pada 30 November, OPEC dan sejumlah negara non OPEC sepakat untuk memperpanjang kesepakatan pembatasan output mereka hingga akhir 2018 demi keseimbangan pasar.

Survei itu menunjukkan, produksi di Arab Saudi, produsen minyak terbesar di antara negara-negara OPEC, turun 20.000 bph menjadi 9,95 juta bph.

Sementara itu Venezuela, yang telah mengalami penurunan output di tengah keruntuhan ekonomi dan penerapan sanksi AS, mengurangi volume produksinya lebih lanjut sebesar 50.000 bph menjadi 1,81 juta bph.

Terkait tingkat kepatuhan, survei Bloomberg menemukan bahwa 12 anggota OPEC yang terikat oleh kesepakatan pembatasan output menerapkan 121% dari komitmen pemangkasan mereka pada bulan Desember, sama seperti bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper