Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Otomotif Menyusut, Indeks Stoxx Europe 600 Turun

Pergerakan bursa saham Eropa ditutup di zona negatif pada akhir perdagangan hari pertama pasca libur Tahun Baru, Selasa (2/1/2018), akibat terbebani saham otomotif menyusul kabar data registrasi mobil yang melesu.

Bisnis.com, JAKARTA- Pergerakan bursa saham Eropa ditutup di zona negatif pada akhir perdagangan hari pertama pasca libur Tahun Baru, Selasa (2/1/2018), akibat terbebani saham otomotif menyusul kabar data registrasi mobil yang melesu.

Indeks acuan Stoxx Europe 600 berakhir turun 0,21%, sedangkan saham otomotif turun 0,1%.

Penjualan mobil baru di Prancis dilaporkan turun 0,51% pada Desember dan pangsa mobil diesel baru turun di bawah 50% untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

Sentimen negatif juga datang dari laporan Daily Telegraph Inggris yang menyebutkan bahwa prediksi data registrasi mobil Inggris, yang akan dirilis pada hari Jumat, akan menunjukkan penurunan sebesar 5% dalam penjualan mobil baru.

Saham Schaeffler melemah 4,9%, sedangkan saham BMW dan Volkswagen turun sekitar 0,5% atau sedikit naik dari pelemahan sebelumnya.

Di sisi lain, saham sumber daya dasar bangkit kembali dari pelemahan awal dengan indeks sektor naik 1,2%. Sektor pertambangan yang bergerak di kisaran level tertingginya dalam lima tahun yang dicapai pada akhir pekan lalu, menopang kenaikan harga tembaga dan logam dasar lainnya.

Namun pada dasarnya, volume perdagangan pada ekuitas Eropa terlihat masih sepi saat pedagang kembali dari liburan mereka serta menjelang diluncurkannya peraturan baru untuk pasar finansial di kawasan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper