Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADB Bantu Indonesia Kumpulkan Rp1 Triliun dari Obligasi

Dalam rangka mendukung pembiayaan pembangunan di Indonesia, Asian Development Bank (ADB) untuk pertama kalinya menerbitkan obligasi berdenominasi rupiah di pasar global dengan total raihan dana mencapai Rp 1 triliun atau sekitar US$ 74 juta.
Kantor pusat Asian Development Bank (ADB)./Bloomberg-Brent Lewin
Kantor pusat Asian Development Bank (ADB)./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, MANILA - Dalam rangka mendukung pembiayaan pembangunan di Indonesia, Asian Development Bank (ADB) untuk pertama kalinya menerbitkan obligasi berdenominasi rupiah di pasar global dengan total raihan dana mencapai Rp 1 triliun atau sekitar US$ 74 juta.

ADB Treasurer Pierre Van Peteghem pertumbuhan pasar obligasi berdenominasi mata uang lokal sangat penting bagi negara berkembang.

"ADB berkomitmen untuk memperdalam pengumpulan dana, memperpanjang tenor dan mendiversifikasi jenis mata uangnya, yakni dalam mata uang lokal yang tersedia, untuk mendukung pinjaman," tegasnya

Dia menambahkan ADB menyambut baik instrumen utang ini muncul dalam denominasi rupiah.

Scenaider Siahaan, Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan Ditjen Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, menuturkan obligasi ADB berdenominasi rupiah yang pertama kalinya ini menunjukan langkah penting dalam mendorong diversifikasi instrumen pembiayaan infrastruktur, serta membantu pengembangan pasar modal di Indonesia.

Obligasi ini berdenominasi rupiah. Namun, settlement obligasi ini dalam mata uang dolar AS. Bertindak sebagai underwriter obligasi ADB tersebut adalah JP Morgan. Obligasi itu ditawarkan dengan kupon tetap selama 11 tahun dan akan jatuh tempo pada Desember 2028. Adapun, nilai kupon obligasi yang diterbitkan sebesar 6,30%.

Secara prinsip, surat utang ini ditawarkan kepada bank dan fund manager di Amerika dan Eropa. Dana yang diserap dari obligasi ini akan memobilisasi dukungan ADB untuk menyediakan pinjaman dalam mata uang rupiah.

ADB adalah peminjam reguler di pasar obligasi utama internasional. Selain itu, ADB juga menerbitkan surat utang negara-negara berkembang di Asia sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan pasar obligasi domestik sebagai alternatif pinjaman bank. Secara keseluruhan, ADB telah mengumpulkan lebih dari US$27 miliar dari pasar modal pada 2017.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper