Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neraca Perdagangan China Positif, Indeks Shanghai Composite Ditutup Menguat

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 17,94 poin atau 0,55% ke level 3.289,99, sedangkan indeks CSI 300 ditutup menguat 0,81% atau 32,32 poin ke level 4.003,38.
Bursa China/Reuters
Bursa China/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham China ditutup menguat pada perdagangan Jumat (8/12/2017), ditopang oleh data neraca dagang China yang lebih baik dari perkiraan.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 17,94 poin atau  0,55% ke level 3.289,99, sedangkan indeks CSI 300 ditutup menguat 0,81% atau 32,32 poin ke level 4.003,38.

Dilansir reuters, ekspor dan impor China secara tak terduga meningkat pada bulan November, memberikan tanda yang menggembirakan bagi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini, meskipun para analis memperkirakan pertumbuhan akan mereda di tengah tindakan keras pemerintah terhadap risiko keuangan dan pabrik yang berpolusi..

Badan Administrasi Umum Bea Cukai mencatat ekspor pada bulan November naik 12,3% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dipimpin oleh penjualan barang elektronik dan barang berteknologi tinggi, sementara pembelian komoditas membantu mengangkat impor.

Angka tersebut melampaui estimasi analis yang memperkirakan kenaikan impor 5,0% dan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan di bulan Oktober yang mencapai 6,9%..

Sementara itu, impor tumbuh 17,7% year-on-year di bulan November, jauh di atas ekspektasi pertumbuhan 11,3% dan meningkat pada laju tercepat sejak September.

"Sementara kita masih mengharapkan ekonomi domestik China mendingin pada tahun 2018 mengenai kebijakan keuangan yang semakin ketat, data impor bulan November menunjukkan bahwa ada risiko terbalik bagi prospek China kita," kata Louis Kuijs, kepala Ekonomi Asia di Oxford Economics di Hong Kong.

Persentase kenaikan terbesar di indeks Shanghai Composite dicapai oleh Yonghui Superstore Co Ltd yang menguat 10,01%, diikuti Universal Scientific Industrial Shanghai Co Ltd yang naik 9,94% dan Anyang Iron & Steel Inc yang naik 8,37%.

Di sisi lain, persentase pelemahan terbesar dialami oleh Zhejiang Chint Electric Co Ltd yang turun 7,11%, diikuti Shanghai Diesel Engine Co Ltd yang melemah 6,33% dan Sichuan Langsha Holding Ltd yang melandai 3,61%.

Sejak awal tahun ini, indeks Shanghai Composite telah menguat 5,43%, sedangkan indeks saham China yang terdaftar di Hong Kong naik 18,7%. Shanghai Composite melemah 1,36% bulan ini.

Sekitar 13,32 miliar saham diperdagangkan di bursa Shanghai hari ini, 75,5% dari rata-rata pergerakan pasar 30 hari terakhir yang mencapai 17,65 miliar saham per hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper