Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Jadi Pengendali OPEC, Emirat Siap Kurangi Produksi Minyak

Sebagai negara yang segera memegang kendali OPEC pada tahun depan, Uni Emirat Arab (UEA) telah berusaha mengurangi produksi minyak mentahnya sebagai upaya untuk menunjukkan komitmennya.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai negara yang segera memegang kendali OPEC pada tahun depan, Uni Emirat Arab (UEA) telah berusaha mengurangi produksi minyak mentahnya sebagai upaya untuk menunjukkan komitmennya.     

Dilansir dari Reuters pada Selasa (5/12), produksi minyak mentah UEA pada November telah turun menjadi sekitar 2,9 juta barel per hari (bpd). Angka itu turun 50.000 bpd dari bulan sebelumnya sebesar 2,95 juta bpd.

Penurunan juga dikarenakan adanya pemeliharaan ladang minyak di samping bentuk komitmennya terhadap kesepakatan pemangkasan pasokan. 

State-owned Abu Dhabi National Coil Co. (ADNOC) menuturkan, pihaknya telah mengurangi pasokan minyak sejak Januari di ladang minyak Murban sebesar 15%, di Das 5%, dan di Upper Zakum sebesar 15%.

Seperti diketahui, OPEC dan produsen non OPEC yang dipimpin oleh Rusia telah sepakat pada pekan lalu untuk memperpanjang pemotongan produksi minyak mentah global hingga akhir 2018 sebagai upaya menciptakan keseimbangan pasar.

Kepatuhan oleh produsen yang berpartisipasi telah melampaui 100% dalam beberapa bulan terakhir, kendati kepatuhan UEA diklaim lebih rendah karena menggunakan data baseline yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan dalam kesepakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper