Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deregulasi Finansial Angkat Saham Perbankan, Bursa China Perpanjang Penguatan

Dua indeks saham acuan China berhasil memperpanjang penguatannya pada akhir perdagangan hari ini, Senin (13/11/2017), ditopang perusahaan perbankan, saat investor menyambut deregulasi sektor finansial oleh pemerintah Beijing.
Bursa China SHCI/Reuters
Bursa China SHCI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Dua indeks saham acuan China berhasil memperpanjang penguatannya pada akhir perdagangan hari ini, Senin (13/11/2017), ditopang perusahaan perbankan, saat investor menyambut deregulasi sektor finansial oleh pemerintah Beijing.

Hal ini sekaligus mengurangi kekhawatiran lebih luas mengenai biaya pinjaman korporasi yang lebih tinggi seiring dengan kenaikan imbal hasil obligasi.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,44% atau 15,16 poin di level 3.447,84, setelah pada perdagangan Jumat (10/11) berakhir naik 0,14% di posisi 3.432,67.

Adapun indeks CSI300 di Shenzhen ditutup menguat 0,39% atau 16,16 poin di level 4.128,07, setelah dibuka dengan kenaikan 0,09% atau 3,64 poin di posisi 4.115,55.

Dilansir Reuters, investor memburu saham emiten finansial serta memperkirakan bahwa langkah Beijing untuk memperluas akses asing pada sektor keuangan akan menarik arus masuk modal asing yang baru, sekaligus mendorong valuasi kreditur, asuransi, dan broker China.

Perubahan terakhir, yang diumumkan oleh wakil menteri keuangan Zhu Guangyao pada hari Jumat, mencakup meningkatkan batas kepemilikan asing di perusahaan gabungan (joint venture/JV) yang terlibat dalam pasar berjangka, sekuritas, dan dana menjadi 51% dari 49% saat ini.

“Relaksasi pembatasan yang ada akan mengurangi pembatasan terhadap arus masuk investasi ke China,” tulis Raymond Yeung, kepala ekonom ANZ untuk wilayah Greater China, seperti dikutip dari Reuters.

“Dengan cepatnya ekspansi pada aset keuangan selama beberapa tahun terakhir, kami percaya akan ada banyak berita utama yang optimistis membawa penekanan positif pada nilainya,” lanjutnya.

Saham perbankan memimpin kenaikan, dengan indeks yang melacak pergerakan sektor ini naik 1,4%. Bank komersial berskala kecil dan menengah, termasuk Jiangsu Wujiang Rural Commercial Bank, Ping An Bank Co. Ltd., dan Wuxi Rural Commercial Bank Co. termasuk di antara yang membukukan kenaikan terbesar.

Saham perusahaan sumber daya juga menguat, dipimpin Wanhua Chemical yang naik 8,4%, sekaligus memimpin reli perusahaan bahan baku.

Di sisi lain, penguatan saham perusahaan kesehatan dan utilitas mereda saat investor membukukan untung pasca penguatan baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper