Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Kepemilikan di Kideco, Ini Nilai Wajar Saham Indika Energy (INDY)

Apabila diasumsikan kepemilikan INDY terhadap Kideco naik menjadi 91%, didapatkan nilai wajar INDY sebesar Rp3,970 yang mencerminkan PE 8.87x dan PBV 1.3x.
logo Indika Energy (INDY)/web
logo Indika Energy (INDY)/web

Bisnis.com, JAKARTA - OSO Securities melakukan valuasi nilai wajar saham Indika Energy (INDY) dengan adanya rencana peningkatan kepemilikan di Kideco menjadi 91%.

Mengutip riset OSO Securities, kinerja INDY positif didorong oleh peningkatan pendapatan pada semester I/2017 tumbuh +27% menjadi US$453,03 juta, dan laba entitas asosiasi +179%.

Selain itu, perseroan berhasil menurunkan beban umum dan beban administrasi hampir 11% dari US$47,43 juta pada semester I/2016 menjadi US$42,27 juta pada semester I tahun ini.

Pendapatan semester pertama ini didorong kenaikan pendapatan Petrosea, Tripatra dan bisnis perdagangan batu bara.

Pendapatan INDY meningkat 27% menjadi US$453,03 juta dari sebelumnya US$356,6 juta pada periode tersebut. Peningkatan itu ditopang oleh naiknya pendapatan Petrosea 22,4%, Tripatra 25,6% dan bisnis perdagangan batu bara 55,4%. Pendapatan entitas asosiasi tumbuh +179% menjadi US$73,25 Juta

Laba bersih entitas asosiasi dan pengendalian bersama entitas meningkat 179% menjadi US$ 73,25 juta, karena kontribusi produsen batu bara Kideco Jaya Agung yang mencatatkan perbaikan harga jual rata-rata.

INDY berencana meningkatkan porsi kepemilikan atas Kideco, produsen batu bara terbesar ketiga di Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur, menjadi 91% dari sebelumnya 46%. Jumlah transaksi tersebut mencapai US$677,5 juta.

Sumber pembiayaan transaksi tersebut direncanakan dengan menerbitkan surat utang yang selanjutnya akan dibahas pada RUPSLB tanggal 1 November 2017. Dengan menjadi mayoritas atas Kideco, diperkirakan semakin menguatkan posisi INDY di rantai nilai bisnis energi terintegrasi di bidang sumber daya, jasa dan infrastruktur energi.

"Kami melakukan valuasi saham INDY dengan melakukan penilaian terhadap kontribusi anak usaha serta entitas asosiasi yang menjadi bisnis utama, yaitu Kideco, PTRO, MBSS, dan Tripatra, dengan menggunakan metode PE untuk PTRO, PBV untuk MBSS dan Tripatra serta metode DCF untuk Kideco," demikian tulis riset yang diterima Bisnis.com hari ini, Selasa (17/10/2017)

Dalam perhitungan tersebut, tim riset OSO Securities mengasumsikan kepemilikan INDY terhadap Kideco sebesar 91%, di mana saat ini kepemilikan INDY terhadap Kideco baru 46%. Maka didapatkan nilai wajar INDY sebesar Rp3,970 yang mencerminkan PE 8.87x dan PBV 1.3x.

Tambah Kepemilikan di Kideco, Ini Nilai Wajar Saham Indika Energy (INDY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper