Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi Global Pelindo III Berpotensi Ramai Peminat

Rencana penerbitan obligasi global PT Pelabulan Indonesia III (Persero) senilai US$1 miliar dengna tenor 10 tahun pada tahun depan berpotensi mendulang sukses seiring semakin membaiknya persepsi investor terhadap pasar obligasi Indonesia.
Logo Pelindo III/Istimewa
Logo Pelindo III/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana penerbitan obligasi global PT Pelabulan Indonesia III (Persero) senilai US$1 miliar dengan tenor 10 tahun pada tahun depan berpotensi mendulang sukses seiring semakin membaiknya persepsi investor terhadap pasar obligasi Indonesia.

Ramdhan Ario Maruto, associate director fixed income Anugrah Sekuritas Indonesia, mengatakan bahwa saat ini merupakan momen yang pas bagi korporasi Indonesia untuk menjajaki peluang pasar obligasi global.

Setelah pemerintah mengantongi peringkat layak investasi penuh, minat investor asing terhadap surat utang pemerintah Indonesia menjadi lebih tinggi. Hal tersebut berimbas pada korporasi Indonesia juga, apalagi terhadap BUMN.

Menurutnya, tahun depan likuiditas masih masih relatif bagus. Pelindo III sendiri selama ini juga memiliki rekam kinerja yang cukup baik dengan peringkat surat utang yang tinggi. Latar belakang itu memungkinkan perseroan untuk mendulang sukses dalam penerbitan obligasi tersebut nantinya.

“Kalau nilainya US$1 miliar, saya kira market akan serap, akan laku, respons pasar akan bagus. Sekarang tinggal jeli untuk menetapkan kuponnya. Dengan terbukanya pasar saat ini, perusahaan dengan rating bagus mulai dilirik investor global,” katanya, Kamis (12/10/2017).

Di dalam negeri, Pelindo selama ini telah mengantongi peringkat idAA+ dengan outlook stabil dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)

Martin Pandiangan, analis Pefindo, mengungkapkan bahwa perusahaan dengan peringkat itu hanya memiliki perbedaan yang sangat minim dibandingkan perusahaan dengan peringkat tertinggi idAAA. Peringkat tersebut menunjukkan kemampuan finansial jangka panjang yang kuat.

Adanya tanda (+) pada peringkat tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan finansial yang lebih baik dibandingkan perusahaan lainnya dengan rating yang sama. Peringkat ini juga menunjukkan tingginya dukungan pemerintah terhadap perseroan, mengingat strategisnya industri yang digeluti perseroan serta posisi perseroan yang sangat kuat di industri tersebut.

Sebagai informasi, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berniat menerbitkan surat utang global atau global bond bertenor sepuluh tahun dengan nilai emisi hingga US$1 miliar pada 2018. Dana hasil penerbitan surat utang bakal digunakan untuk kebutuhan ekspansi pada 2018-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper