Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Semester I/2017: Produksi Migas MEDC Naik 40,4%

Volume produksi minyak dan gas bumi PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) pada paruh pertama tahun ini naik 40,4% menjadi 89,8 juta barel setara minyak per hari dari 64 juta barel setara minyak per hari pada paruh pertama tahun lalu.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan area Blok A PT Medco E&P Malaka di Desa Blang Nisam, Aceh Timur, Aceh, Rabu (7/6)./Antara-Syifa Yulinnas
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan area Blok A PT Medco E&P Malaka di Desa Blang Nisam, Aceh Timur, Aceh, Rabu (7/6)./Antara-Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA – Volume produksi minyak dan gas bumi PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) pada paruh pertama tahun ini naik 40,4% menjadi 89,8 juta barel setara minyak per hari dari 64 juta barel setara minyak per hari pada paruh pertama tahun lalu.

Khusus untuk produksi minyak perseroan hanya mencatatkan sebanyak 35,5 juta barel per hari (bph) pada Semester I/2017 atau naik 17,55% dari 30,3 bph pada Semester I/2016.

Sementara untuk produksi gas meningkat 46,92% dari 197 juta kaki kubik per hari (million metric standard cubic feet per day/MMscfd) pada paruh pertama tahun lalu menjadi 290,6 MMscfd pada paruh pertama tahun ini.

Kinerja produksi paruh pertama tahun ini yang positif didorong oleh tingginya penjualan gas dari lapangan Senoro dan volume dari lapangan Blok B Natuna Selatan yang terus berlanjut.

Roberto Lorato, CEO MEDC mengatakan perseroan terus menampilkan performa yang bagus serta dapat mempertahankan manajemen produksi dan biaya tahun ini. Menurutnya, perseroan juga menambahkan dan memberi sertifikasi 30 juta barel setara minyak cadangan terbukti (proved reserves) di Blok A Aceh.

Dia menambahkan pengembangan gas [Blok A Aceh] sesuai jadwal untuk menghasilkan gas pertamanya pada akhir kuartal 1 2018, Central Processing Plant sudah 85% selesai dengan saat ini dalam pengujian first well flow.

“Rencana pertumbuhan dan ekspansi perusahaan afiliasi di bidang Power dan Mining kami akan berlanjut dengan peningkatan kemajuan sebelum akhir tahun,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (3/10/2017).

Di bidang ketenagalistrikan, anak usaha perseroan yakni Medco Power Indonesia saat ini telah mengoperasikan lebih dari 520 megawatt kapasitas terpasang bruto di pembangkit listrik tenaga gas, panas bumi dan hidro setelah beroperasinya secara komersial fasilitas mini-hydro Cibalapulang-1 dan operasi komersial yang diharapkan dari Unit Sarulla 2 pembangkit listrik geotermal pada awal Oktober, yang satu bulan lebih cepat dari jadwal.

Sementara, untuk anak usaha perseroan yakni PT Amman Mineral Nusa Tenggara terus mengukir kemajuan yang baik dalam rencananya untuk mengurangi biaya dan pendanaan untuk perkembangan perusahaan di masa depan.

Presiden Direktur MEDC Hilmi Panigoro mengungkapkan pihaknya senang dengan hasil semester pertama 2017 serta berjalan baiknya rencana Amman Mineral Nusa Tenggara untuk mengurangi biaya dan mengembangkan cadangan tembaga dan emasnya yang besar.

“Pada tahun ini kami akan menyelesaikan rights issue yang akan memperkuat struktur permodalan kami serta memberikan nilai tambah bagi pemegang saham," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper