Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OSO SekuritaS: IHSG Koreksi Wajar, Simak Rekomendasi Sahamnya

Kami melihat ada potensi koreksi wajar untuk pergerakan IHSG. Secara teknikal stochastic sudah berada di area overbought dengan RSI bullish. Kami perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 5,885-5,930.
Karyawan berdiri di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Karyawan berdiri di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com,JAKARTA - Pada akhir pekan lalu (22/9), IHSG sempat menyentuh level tertingginya dengan ditutup pada level 5,911.708 atau naik 0.09%. Penguatan tersebut didorong oleh kenaikan indeks sektor keuangan sebesar 2.3% ditengah pelemahan yang terjadi pada indeks sektoral lainnya.

Adapun beberapa saham yang menjadi penggerak indeka diantaranya : BBCA, BBRI, PNBN, BBNI, dan RMBA Terbatasnya pergerakan IHSG inline dengan rilisnya data penjualan mobil bulan Agustus yang hanya tumbuh 0.19% (YoY) atau lebih rendah dari bulan sebelumnya 37.2% (YoY).

Selain itu pelaku pasar juga masih dalam posisi wait and see terhadap keputusn BI atas BI 7 Days RR. Dalam keputusan BI pada (22.09) pukul 20.40 WIB, BI memutuskan untuk menurunkan suku bunga BI 7 Days RR menjadi 4.25%.

Hal tersebut sebagai langkah untuk mendorong perbaikan intermediasi Bank serta pemulihan ekonomi Domestik dan BI melihat bahwa inflasi masih berada dalam target BI di 4 plus minus 1. Selain itu BI juga sudah mempertimbangkan dari kemungkinan The Fed yang memiliki potensi kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini.

Sementara itu, indeks utama AS ditutup dengan kenaikan tipis pada akhir pekan kemarin (22/09). Indeks Nasdaq hanya naik 0,07% ke level 6.426.92. Dow Jones turun 0,04% ke level 22.349.59. dan S&P terangkat 0.06% ke level 2,502.22. Kembali memanasnya ketegangan geopolitik AS membuat pelaku pasar cenderung wait and see dan mengalihakan portofolionya ke dalam aset safe haven, dimana emas mengalami kenaikan sebesar 0.48% menjadi US$ 1,297.40 per troy once.

Saat ini Korea Utara akan melakukan uji coba bom hydrogen di atas samudra pasifik menanggapi ancaman Presiden Trump yang akan menghancurkan Negara Tertutup tersebut.

Adapun positifnya data ekonomi AS yang kemarin rilis, dimana indeks manufaktur AS bulan September berada di level 55.1 atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya 52.8 , belum mampu menjadi katalis penggerak indeks JCI Prediction Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah terbatas.

Kami melihat ada potensi koreksi wajar untuk pergerakan IHSG. Secara teknikal stochastic sudah berada di area overbought dengan RSI bullish. Kami perkirakan IHSG akan bergerak dikisaran 5,885-5,930.

Rekomendasi saham OSO Sekuritas hari ini:

BMRI: Harga di dalam minor trend bergerak sideways dan candlestick membentuk pola doji. Harga dan stochastic membentuk pola bullish konvergence. Volume netral dengan stochastic golden cross dan MACD masih bergerak positif. Harga diprediksikan mengalami penguatan dengan target ke area resistance classic terdekat.
Recommendation : Buy
Target Price : 6.700
Support : 6.550
Cutloss : 6.525

BBTN: Harga sudah membentuk swing dengan konfirmasi stochastic golden cross. RSI bergerak bullish dan volume netral. Harga diprediksikan kembali melanjutkan penguatan ke area resistance classic.
Recommendation : Buy
Target Price : 8.000
Support : 7.825

POWR: Harga di dalam medium bergerak downtrend. Candlestick membentuk pola doji dengan volume meningkat. Stochastic golden cross dan MACD histogram bergerak ke arah positif. Harga berpotensi teknikal rebound dengan penguatan ke area resistance classic terdekat.
Recommendation : Buy
Target Price : 1.125
Support : 1.085
Cutloss : 1.080

JSMR: Harga ditutup melemah sebesar 1,7%.Harga di dalam medium masih bergerak uptrend. Stochastic bergerak ke area oversold dan RSI berada di area oversold. Harga diprediksikan rebound dengan penguatan ke area resistance classic.
Recommendation : Buy
Target Price : 5.875
Support : 5.725
Cutloss : 5.700

LPCK: Harga ditutup di bawah moving average dan candlestick membentuk pola hammer dengan volume meningkat. Stochastic bergerak bullish dan MACD histogram bergerak bullish. Harga berpotensi teknikal rebound dengan penguatan ke area resistance classic terdekat.
Recommendation : Buy
Target Price : 4.390
Support : 4.290
Cutloss : 4.280

SSMS: Harga ditutup menguat sebesar 2,7%. Harga sudah membentuk swing low indikasi pembalikan arah. Stochastic golden cross dan MACD histogram bergerak bullish disertai trend volume meningkat. Harga berpotensi melanjutkan penguatan ke area resistance classic terdekat
Recommendation : Buy
Target Price : 1.540
Support : 1.480
Cutloss : 1.475

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper