Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Bangun 350 Unit Rumah Berkonsep Rumah Pintar

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT PGN Mas membangun 350 unit rumah di Narogong, Bekasi. Adapun, seluruh unit rumah yang dibangun memakai konsep smart home atau rumah pintar.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT PGN Mas membangun 350 unit rumah di Narogong, Bekasi. Adapun, seluruh unit rumah yang dibangun memakai konsep smart home atau rumah pintar.

Direktur Utama PGN Mas, Adrian Priohutomo menjelaskan 350 umit rumah tersebut berada di kawasan Vida Bekasi. Menurutnya, seluruh unit rumah yang dibangun memiliki fasilitas panel surya berkapasitas 1.300 VA dan terintengrasi jaringan gas bumi PGN. Selain itu juga memiliki jaringan fiber optic hingga underground utilities. Dia menilai, ini merupakan rumah pertama di Indonesia berbasis energi atau Indonesia’s First Energy-Based Housting Estate.

“Rumah yang kami bangun semuanya ada fasilitas solar panel, jadi ketika pagi-sore seluruh kebutuhan listrik mulai dari TV, kulkas, lampu dan lainnya listriknya bisa mengandalkan energi matahari, menjelang malam secara otomatis kebutuhan listrik di pasok melalui jaringan listrik PLN,” katanya di sela acara Pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (14/9).

Adrian menambahkan, selain hemat dari pengeluaran biaya listrik setiap bulannya, pemilik rumah juga dapat menghemat biaya bahan bakar memasak, karena seluruh unit rumah terkoneksi jaringan pipa gas bumi PGN.

“Seperti diketahui, memasak pakai gas bumi jauh lebih hemat, bersih dan aman dibandingkan dengan menggunakan LPG. Ditambah lagi, juga tersedia jaringan fiber optic untuk internet berkecepatan tinggi dan banyak lagi,” ungkapnya.

Selain itu, rumah yang di bangun PGN Mas berlabel smart alias rumah pintar. Dengan demikian pemilik rumah dapat mengontrol alat elektronik seperti nyala lampu, kipas angin, air conditioner, kamera CCTV dan lainnya menggunakan aplikasi di ponsel.

Adrian menambahkan, selain fasilitas tersebut, PGN Mas juga membangun banyak fasilitas pendukung bagi pemilik rumah, mulai dari clube house, rumah ibadah, taman bermain, jogging track, CCTV dan one gate system dan kemudahan akses dari tol Bekasi Timur, Tol Jati Asih, dan lainnya.

“Bagaimana dengan harganya? Untuk semua fasilitas tersebut rumah yang kami tawarkan cukup kompetitif, untuk tipe Tanagi ukuran 64x60 dua lantai dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi harga berkisar Rp600 juta, sedangkan tipe tertinggi yakni tipe Adanu dengan 3 kamar tidur + 1 kamar pembantu dan 4 kamar mandi harganya berkisar Rp 1,3 miliar,” tutup Adrian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper