Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kimia Farma (KAEF) Jajaki Akuisisi 3 Perusahaan

Korporasi farmasi milik negara, PT Kimia Farma (Persero) Tbk., menjajaki akuisisi dua sampai tiga perusahaan dari sektor farmasi, kosmetik atau klinik kecantikan dimana rencana itu ditargetkan rampung pada 2017 dan 2018.

Bisnis.com, JAKARTA--- Korporasi farmasi milik negara, PT Kimia Farma (Persero) Tbk., menjajaki akuisisi dua sampai tiga perusahaan dari sektor farmasi, kosmetik atau klinik kecantikan dimana rencana itu ditargetkan rampung pada 2017 dan 2018.

Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir mengatakan rencana akuisisi itu merupakan bagian dari rencana pertumbuhan anorganik perseroan di masa mendatang. "Kami masih lakukan due dilligence (untuk akuisisi itu)," katanya, Rabu (13/9).

Menurutnya, perusahaan perlu memperbesar bisnis anorganik supaya kinerja perusahaan dapat terus tumbuh. Pada saat ini, 100% pendapatan perusahaan berasal dari bisnis organik. Pada 2018, pendapatan perusahaan diharapkan juga bisa berasal dari bisnis anorganik dengan kontribusi 5%-10%.

Apabila rencana akuisisi itu dapat direalisasikan maka perusahaan membutuhkan dana yang lebih besar. Dengan demikian, perusahaan mempetimbangkan untuk menerbitkan surat utang senilai Rp1 triliun-Rp2 triliun pada 2018 apabila rencana akuisisi itu jadi direalisasikan.

Honesti mengatakan pihaknya juga tengah merampungkan proses akuisisi 60% saham DWAA Ltd. Co., yang memiliki 30% jaringan saham di Arab Saudi. Menurutnya, rencana ini masih menunggu persetujuan Kementerian BUMN. Aksi korporasi yang sedang diproses ini diharapkan rampung pada Oktober 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper