Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mansek: ORI014 Bakal Jadi Favorit

Di tengah rendahnya suku bunga dan inflasi, obligasi ritel Indonesia (ORI) 014 berpotensi akan lebih menarik untuk dikoleksi oleh investor-investor ritel.

Bisnis.com, JAKARTA—Di tengah rendahnya suku bunga dan inflasi, obligasi ritel Indonesia (ORI) 014 berpotensi akan lebih menarik untuk dikoleksi oleh investor-investor ritel.

Handy Yunianto, head of fixed income analyst Mandiri Sekuritas mengungkapkan kupon yang ditawarkan dalam ORI014 sangat mempengaruhi pada permintaan. Dia optimis, permintaan akan cukup tinggi mengingat banyaknya rupiah yang beredar di pasar.

“Berdasarkan sejarah, penerbitan ORI selalu sukses. Apalagi , tahun ini adalah ORI014. Namun, untuk terlalu cepat untuk menebak kupon yang ditawarkan saat ini,” ungkapnya, Senin (11/9/2017).

Pria yang akrab disapa Anto ini mengungkapkan kupon ORI014 bertenor tiga tahun tidak akan jauh berbeda dengan yield surat utang negara dengan tenor tiga. Adapun yield kupon SUN 3 tahun pada Senin (11/9/2017), mencapai 6,06%, atau turun 19,84%, sepanjang tahun berjalan, dari posisi 7,56%.

Adapun minimum pemesanan ORI mencapai Rp5 juta dan maksimum Rp3 miliar. Dia mengungkapkan, nilai minimum yang telah ditetapkan cukup terjangkau terjangkau bagi masyarakat umum. Sebagai informasi, instrumen surat utang ini pun bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Bila yield yang ditawarkan pemerintah pada ORI014 mencapai 6,06%, maka akan terjadi rekor baru yakni rekor kupon terendah. Sebelumnya, pemerintah pernah menawarkan kupon terendah hingga 6,25% pada seri ORI009. Sementara itu, kupon tertinggi ditawarkan pada seri ORI001 sehingga 12,05%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Maftuh Ihsan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper