Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro Menguat, Indeks Stoxx Ditutup Melemah

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,48% atau 1,78 poin ke level 372,29, setelah bergerak pada kisaran 371,85 373,63.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (28/6/2017) setelah euro menguat menyusul pidato Mario Draghi pekan lalu.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,48% atau 1,78 poin ke level 372,29, setelah bergerak pada kisaran 371,85 – 373,63.

Sebelumnya, indeks Stoxx dibuka dengan pelemahan 0,23% atau 0,86 poin di posisi 373,21.

Pelemahan indeks ini menyusul pidato Gubernur Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) Mario Draghi pada pertemuan bank sentral global di Jackson Hole, Wyoming, AS, pekan lalu.

Keputusan Draghi untuk menahan diri dari pembicaraan mengenai euro pada pertemuan Jackson Hole, meskipun mata uang zona euro ini telah menguat dua digit tahun ini, terus mengirim euro naik sebanyak 0,5% ke level US$1,1983 pada Senin, terkuat sejak Januari 2015.

Draghi menekankan bahwa ECB akan secara perlahan mengurangi stimulus moneter. Dia mengatakan laju inflasi sangat lambat berjalan ke target bank sentral sebesar 2%, sebagian karena lesunya laju kenaikan upah.

Euro secara umum diperkirakan akan tetap kuat dalam jangka pendek karena investor akan fokus pada ECB dan apakah Draghi akan mengumumkan rencana untuk mengurangi pembelian kembali obligasi pada pertemuan kebijakan bulan September pekan depan.

"(Draghi) tampaknya tidak terlalu memperhatikan tingkat euro saat ini. Hal ini menjadi justifikasi pasar untuk menggerakkan euro lebih tinggi," kata analis mata uang Commerzbank, Esther Reichelt, seperti dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper