Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Stoxx Europe Ditutup Menguat 0,09%

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,09% atau 0,34 poin ke level 375,50 setelah diperdagangkan pada kisaran 375,85 377,79.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Selasa (15/8/2017), setelah ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan Korea Utara mereda.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,09% atau 0,34 poin ke level 375,50 setelah diperdagangkan pada kisaran 375,85 – 377,79.

Saham sektor perjalanan dan liburan menguat 0,8% setelah perusahaan penerbangan terbesar kedua Jerman, Air Berlin, tersebut mengajukan kebangkrutan, yang mendorong emiten penerbangan lain untuk beripaya mengakuisisi asetnya. Saham Air Berlin merosot 32%.

Lufthansa menjadi salah satu pendorong utama di bursa Eropa dengan penguatan 4,7%, setelah pemerintah Jerman mengatakan Lufthansa dan maskapai lain sedang dalam pembicaraan untuk mengambil alih beberapa aset Air Berlin.

Saham kesehatan dan perbankan juga menjadi kontributor terbesar kenaikan indeks Stoxx, dengan perbankan diperdagangkan naik 0,2%. Sebelumnya, sektor perbankan terkena pukulan keras pada akhir pekan lalu karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

Laporan kinerja emiten juga masih menjadi sentimen penggerak indeks di saat musim laporan pendapatan kuartal kedua Eropa mendekati fase akhir dengan 83% emiten di MSCI Eropa telah merilis laporan keuangannya.

Menurut data Thomson Reuters, laba emiten di Eropa diperkirakan tumbuh 15% di kuartak kedua dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau 12,8% jika tidak termasuk sektor energi. Adapun pendapatan diperkirakan akan meningkat 4%, atau 2,7% di luar sektor energi.

"Ini adalah musim pendapatan yang kuat, namun belum menjadi salah satu yang kami rasa membenarkan valuasi tinggi pada beberapa indeks Eropa saat ini," kata Jonathan Roy, manajer investasi penasehat di Charles Hanover Investments, seperti dikutip Reuters.

Di antara saham lain yang bergerak, saham Danone naik 1 persen setelah sebuah laporan media bahwa Corvex Management memiliki saham pada produsen yogurt Prancis tersebut.

Di sisi lain, emiten penerbitan Norwegia, Schibsted, menjadi salah satu pendorong utama indeks dengan pelemahan 6,7% setelah Facebook mengumumkan layanan marketplace baru yang menurut analis dapat mengancam bisnis iklan baris perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper