Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Pergerakan Rupiah di Kisaran 13.378 dan 13.350

Binaartha Securities memproyeksikan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support *13.378* dan resisten *13.350*.
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - Binaartha Securities memproyeksikan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support *13.378* dan resisten *13.350*.

Tim analis Binaartha Securities menyebutkan adanya pelemahan terbatas diharapkan dapat kembali terjadi untuk mengurangi tekanan pelemahan pada laju Rupiah.

Bahkan jika dimungkinkan, laju Rupiah dapat berbalik menguat. Adanya rilis neraca perdagangan yang diekspektasikan mengalami peningkatan dapat berimbas positif pada laju Rupiah.

Namun demikian, masih adanya permintaan akan mata uang _safe currency_ diperkirakan masih terjadi dan dapat kembali menghadang peluang Rupiah untuk berbalik naik. Untuk itu, tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat laju Rupiah kembali melanjutkan pelemahannya.

"Diperkirakan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support *13.378* dan resisten *13.350*," tulis mereka dalam risetnya

Belum banyaknya sentimen positif membuat pelaku pasar masih menggenggam mata uang yang dinilai _safe currency_ sehingga laju Rupiah pun cenderung kembali tertekan. Meski demikian, pelemahan yang terjadi cenderung terbatas bila dibandingkan dengan pergerakan Rupiah di akhir pekan lalu.

Pelemahan terbatas ini dipengaruhi oleh pergerakan USD yang juga melemah dibandingkan mata uang _safe currency_ lainnya. Berkurangnya ekspektasi akan kenaikan suku bunga The Fed yang dibarengi rilis pertumbuhan ekonomi Jepang yang didorong kenaikan konsumsi dan belanja modal membuat permintaan akan JPY meningkat seiring juga dengan masih adanya kekhawatiran akan ketegangan AS dan Korea Utara.

Sebelumnya mereka sampaikan, masih akan adanya sentimen ketegangan tersebut di pekan depan diperkirakan masih akan membuat laju Rupiah kembali mengalami pelemahan. Pelaku pasar pun cenderung masih menjauhi sejumlah mata uang _soft currency_ sehingga Rupiah terhalangi potensi kenaikannya.

Meski pelemahan yang ada membuat posisi Rupiah terlihat semakin rendah namun, laju Rupiah juga menyimpan peluang untuk pembalikan arah jika didukung oleh sentimen yang ada, terutama jika pelaku pasar dapat merespon sentimen positif surplus neraca pembayaran Indonesia Q2-17. Untuk itu, tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat laju Rupiah kembali melanjutkan pelemahannya.

"Diperkirakan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support *13.415* dan resisten *13.324*," tambah mereka lagi

 

--------------------------------------------------------

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper