Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester II/2017, AALI Bakal Gulirkan Belanja Modal Rp1,2 Triliun

Emiten perkebunan PT Astra Agro Lestari Tbk. bakal menggulirkan sekitar Rp1,2 triliun belanja modal pada paruh kedua tahun ini.
Astra Agro Lestari/Istimewa
Astra Agro Lestari/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten perkebunan PT Astra Agro Lestari Tbk. bakal menggulirkan sekitar Rp1,2 triliun belanja modal pada paruh kedua tahun ini.

Santosa, Presiden Direktur Astra Agro Lestari, mengatakan belanja modal yang telah diserap pada Januari-Juni 2017 mencapai sekitar Rp840 miliar.

Dana tersebut dikucurkan untuk pembangunan pabrik dan pelabuhan sebesar Rp100 miliar, infrastruktur kebun Rp170 miliar, pabrik pupuk Rp45 miliar, tanaman Rp300 miliar, dan lainnya Rp225 miliar.

"Tahun ini rencana kami capital expenditure sebesar Rp2 triliun sehingga masih ada Rp1,2 triliun untuk semester II/2017," kata Santosa di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (8/8).

Alokasi capex emiten berkode saham AALI ini akan dikucurkan untuk tanaman belum menghasilkan seluas 30.000 hektare, penyelesaian pabrik pupuk di kalimantan, dan infrastruktur rutin.

"Pabrik pupuk kita harapkan tahun ini siap sehingga tahun depan sudah full memasok kebutuhan fertilizer untuk kebun inti dan plasma," imbuhnya.

Realisasi belanja modal, kata Santosa, masih sejalan dengan rencana perseroan dan relatif sama dengan capaian 2016. Pada tahun lalu, AALI menggulirkan arus kas bersih untuk aktivitas investasi sekitar Rp2,3 triliun.

Mayoritas anggaran digunakan untuk program mekanisasi perkebunan sawit yang akan dituntaskan pada tahun ini. Selain itu, capex jg terserap untuk tanaman muda yang saat ini sudah masuk periode menghasilkan sehingga alokasi biaya bergeser menjadi belanja operasional (operation expenditure).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Maftuh Ihsan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper