Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bloomberg Luncurkan Platform Reverse Repo di Indonesia

Bloomberg merilis analisis reverse repo dan platform perdagangan untuk para pelaku pasar uang di Indonesia dalam rangka memperluas dan memperdalam pasar uang di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA--Bloomberg merilis analisis reverse repo dan platform perdagangan untuk para pelaku pasar uang di Indonesia dalam rangka memperluas dan memperdalam pasar uang di Indonesia.

Seperti diketahui, repurchase agreement atau lebih dikenal sebagai repo merupakan salah satu sumber dana yang dapat diandalkan dalam pasar uang global terutama di Eropa, dengan besaran nilai pasar uang diperkirakan mencapai 5,7 triliun euro pada Desember 2016. Di antara sejumlah bank besar dalam negeri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. merupakan salah satu bank pertama yang diperdagangkan di Platform Repo Bloomberg.

Andrea Mosconi, Head of Asean Bloomberg mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Money Market Working Group (MMWG) di Indonesia Foreign Exhange Market Committee (IFEMC). Bloomberg juga bekerja sama dengan lebih dari 20 bank untuk mengembangkan solusi pasar uang yang sesuai dengan peraturan dan regulasi di Indonesia. IFEMC bertujuan untuk mendorong perkembangan pasar uang yang efisien dan stabil di Indonesia.

"Kami sangat senang dapat menyediakan solusi teknologi untuk pasar repo Indonesia, bermitra dengan IFEMC dan komunitas sell-side dalam menyediakan platform yang mantap untuk para pelaku pasar repo. Bagi kami, Indonesia merupakan pasar penting di kawasan Asean dan kami akan terus mencari cara untuk senantiasa berkontribusi dalam mengembangkan pasar uang di negeri ini," ujarnya dalam keterangan resmi Kamis, (13/7/2017).

Martin Mulwanto, IFEMC Head MMWG dan Managing Director PT. Bank Mega mengatakan dengan bantuan Bloomberg, pihaknya membuat langkah untuk menciptakan pasar utang yang aman, transparan, dan maju dalam rangka memperluas dan mengembangkan pasar uang di Indonesia.

Platform Repo Bloomberg merupakan platform komunikasi antara pihak penjual dan pembeli repo yang menyediakan kalkulasi berstandar serta menyediakan transparansi informasi mendetil mengenai jaminan suatu transaksi repo. Platform ini juga memiliki sistem konfirmasi yang cepat dan efisien yang dapat memperlancar transaksi antara pembeli dan penjual sehingga dapat meminimalisasi kesalahan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank Indonesia telah merlakukan beragam upaya dalam rangka mengingkatkan pasar uang dalam negeri, salah satunya dengan memperkenalkan cross-currency swaps, memperluas cakupan partisipasi dana asing, dan mewajibkan perusahaan untuk membatasi eksposur mata uang. Sejalan dengan international best practices, Bank Indonesia menetapkan 7-Day Repo Rate sebagai acuan kebijakan dalam bertransaksi repo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper