Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Saham Variatif, Indeks Stoxx Europe Turun Tipis

Pergerakan bursa saham Eropa turun tipis pada awal perdagangan hari ini (Jumat, 23/6/2017), serta siap mengakhiri pekan ini di posisi yang lebih rendah, seiring pelemahan saham perusahaan makanan dan minuman (F&B) yang mengimbangi kenaikan saham media.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan bursa saham Eropa turun tipis pada awal perdagangan hari ini (Jumat, 23/6/2017), serta siap mengakhiri pekan ini di posisi yang lebih rendah, seiring pelemahan saham perusahaan makanan dan minuman (F&B) yang mengimbangi kenaikan saham media.

Indeks Stoxx Europe 600 turun kurang dari 0,2% pada pukul 8.31 pagi waktu London (pukul 14.31 WIB). Indeks acuan regional tersebut naik kurang dari 0,1% kemarin, setelah melemah 0,6% di awal sesi perdagangan.

Investor memantau negosiasi mengenai berpisahnya Inggris dari Uni Eropa. Perdana Menteri Inggris Theresa May, pada pertemuan konferensi UE yang pertama sejak pemilu, menjelaskan bagaimana usulan Inggris untuk memperlakukan warga UE di kawasan tersebut pasca hengkangnya Inggris.

Pada Kamis (22/6) waktu setempat, May mengatakan kepada para pemimpin Uni Eropa bahwa hampir 3 juta warga Uni Eropa di Inggris akan dapat terus tinggal di negara tersebut pasca berpisahnya Inggris dari Uni Eropa secara resmi (Brexit).

Dengan pernyataan tersebut, May ingin menawarkan kepastian sebanyak mungkin. Para pemimpin UE menahan keputusan atas usulan tersebut serta memilih untuk menunggu rilisnya rencana penuh dalam waktu dekat.

Sementara itu, harga minyak menuju penurunan mingguan kelima setelah jatuh ke dalam kondisi bear market di tengah kekhawatiran bahwa meningkatnya pasokan dari AS ke Libya akan mengimbangi upaya pemangkasan produksi dari OPEC dan sejumlah negara non-OPEC.

Di sisi lain, aktivitas sektor swasta di Prancis melambat pada bulan Juni bahkan ketika pertumbuhan data pesanan berakselerasi dan jumlah pertambahan pekerja baru oleh perusahaan-perusahaan mengalami laju tercepat dalam hampir satu dekade.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper