Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minim Sentimen Positif, Rupiah Diperkirakan Bergerak Variatif

Kurs rupiah pada hari ini, Selasa 20 Juni 2017 diperkirakan bergerak variatif dan dapat memanfaatkan pelemahan USD untuk berbalik menguat. Diperkirakan Rupiah akan bergerak pada kisaran support 13.307 dan resisten 13.288.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kurs rupiah pada hari ini, Selasa 20 Juni 2017 diperkirakan bergerak variatif dan dapat memanfaatkan pelemahan USD untuk berbalik menguat. Diperkirakan Rupiah akan bergerak pada kisaran support 13.307 dan resisten 13.288.

Mengutip Binaartha Forex Daily Comment, Selasa (20/6/2017), minimnya sentimen positif dari dalam negeri tidak menghalangi laju Rupiah untuk dapat bergerak positif. Sentimen penilaian BI terhadap akan rendahnya pertumbuhan ekonomi Q2-17 terimbangi dengan membaiknya efisiensi perbankan hingga April 2017. Bahkan pasca sentimen kenaikan suku bunga The Fed yang membuat laju USD menguat dibandingkan JPY dan GBP juga tidak membuat laju Rupiah melemah.

Kembali reaktifnya pelaku pasar dengan mencermati kembali pernyataan The Fed yang percaya diri menaikan suku bunganya membuat laju USD berbalik menguat dibandingkan sebelumnya yang melemah setelah data-data perumahan AS melemah. Di awal pekan ini, tampak laju Rupiah berhasil menguat setelah terimbas optimisme pasar keuangan di kawasan Eropa menyusul disetujuinya dana talangan lanjutan untuk Yunani sehingga membuat laju EUR menguat terhadap USD.

Sebelumnya kami sampaikan, Pergerakan Rupiah yang cenderung mendatar memperlihatkan terbatasnya laju Rupiah dalam merespon sentimen yang ada meski laju USD sedang dalam pelemahannya seiring perlambatan pada beberapa data ekonomi AS. Diperkirakan laju Rupiah dapat keluar dari zona sideways-nya dan dapat memanfaatkan pelemahan USD untuk berbalik menguat. Pergerakan variatif dimungkinkan terjadi. Diperkirakan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support 13.307 dan resisten 13.288.

Harapan akan keluarnya Rupiah dari zona sideways masih kembali diuji meski dengan penguatan yang masih trebatas. Pelaku pasar masih cenderung menahan diri menghadapi sentimen-sentimen di hari-hari terakhir jelang libur panjang lebaran meski juga mengambil kesempatan memanfaatkan momentum yang ada. Diperkirakan Rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support 13.314 dan resisten 13.268.

(Binaartha_Research|Disclm.On)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper