Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OSO Sekuritas: IHSG Cenderung Melemah Terbatas, Rekomendasi Saham ADHI, ICBP & ADRO

IHSG pada perdagangan bursa saham hari ini, Rabu (24/5) diperkirakan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah terbatas yang akan berada di kisaran 5.651--5.789.
Papan elektronik menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta./JIBI-Dwi Prasetya
Papan elektronik menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG pada perdagangan bursa saham hari ini, Rabu (24/5) diperkirakan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah terbatas yang akan berada di kisaran 5.651--5.789.

Mengutip riset OSO Sekuritas, akhir perdagangan kemarin (23/5) IHSG ditutup melemah 0.32% ke level 5,730.61. Hampir semua indeks sektoral ditutup terkoreksi, koreksi terdalam dipimpin oleh sektor infrastrukutur dan keuangan yang masing-masing turun sebesar 1.23% dan 0.77%. Sementara itu sektor consumer goods ditutup naik 1.07% diikuti oleh sektor manufaktur yang menguat 0.26%.

Beberapa saham yang menjadi pemberat indeks pada perdagangan kemarin yaitu : TLKM, BMRI, TPIA dan BBNI. Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih senilai Rp 229.5 miliar. Adapun nilai tukar rupiah terapresiasi 0.02% ke level 13,299.

Global market menutup perdagangan semalam (24/5) Indeks utama bursa Wall Street ditutup dalam teritori positif pasca Donald Trump merilis rencana anggaran. Investor merasa lega dengan rencana anggaran Trump yang sebagian besar seperti yang diharapkan.

Dalam anggaran tersebut Trump menyerukan kenaikan belanja infrastruktur dan militer, bersamaan dengan serangkaian pemotongan yang sensitif secara politis, di bidang-bidang seperti program bantuan kesehatan dan makanan, dengan tujuan memotong pengeluaran pemerintah sebesar US$3,6 triliun dan menyeimbangkan anggaran selama dekade berikutnya.

Namun kenaikan indeks diredam oleh penurunan saham sektor consumer discretionary di tengah melemahnya saham-saham di perusahaan otomotif. Consumer discretionary .SPLRCD adalah laggard terbesar dengan penurunan 0,4%. Indeks Dow Jones naik 0.21% ke level 20,937.91, S&P 500 menguat 0.18% ke level 2,398.42 dan Nasdaq terangkat 0.08% ke level 6,138.71.

Beberapa data ekonomi yang rilis semalam yaitu, indeks manufaktur AS bulan Mei yang di survei oleh Markit turun ke level 52.5 dari sebelumnya 53. Selain itu, indeks penjualan rumah baru AS bulan April hanya tumbuh 569.000 lebih rendah dibanding bulan sebelumnya 642.000 atau dibawah perkiraan 610.000.

Data penjualan rumah tersebut anjlok dari level terendah sembilan setengah tahun, sementara aktivitas manufaktur untuk bulan Mei turun ke level terendah sejak September.

Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah terbatas. Secara teknikal, terbentuknya two black crows mengindikasikan potensi penurunan lanjutan. Stochastic oscillator bearish, RSI lemah dan histogram MACD negatif. Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak dikisaran 5,651-5,789.

Rekomendasi saham hari ini:

ADHI bergerak diatas area upper bollingerband, akhir perdagangan kemarin ADHI ditutup menguat 3.5%. Indikator stochastic oscillator bullish, RSI kuat dan histogram MACD positi. Potensi penguatan ADHI masih terbuka namun posisi ADHI yang saat ini sudah berada pada area overbought membuat ADHI rawan aksi profit taking. Recommendation : Sell on Strength Target Price : 2,450 Support : 2,330 Cutloss :2,300

ICBP, Terbentuknya bullish harami atas ICBP mengindikasikan potensi bullish, stochastic oscillator berusaha membentuk crossover dengan potensi bullish, RSI kuat sementara histogram MACD negatif. Recommendation : Buy Target Price : 9,050 Support : 8,650 Cutloss :8,560

ADRO saat ini masih berada dalam fase konsolidasi, setelah sebelumnya diperdagangkan dalam minor downtrend. Terbentuknya bullish harami mengindikasikan potensi penguatan lanjutan, stochastic oscillator bullish RSI kuat dan histogram MACD positif. Recommendation : Buy Target Price : 1520 Support : 1440 Cutloss :1430

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper