Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Corp. Lepas Saham Medco

Seperti dilansir dari situs resmi Nikkei Asian Review, divestasi tersebut membuat porsi saham Mitsubishi di Medco berkurang dari 20% hingga menjadi kurang dari 10%. Saham tersebut dijual ke Medco dengan total nilai kurang lebih Rp238 miliar (US$17,9 juta).
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsubishi Corporation mengurangi kepemilikan sahamnya pada emiten minyak dan gas Indonesia, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Seperti dilansir dari situs resmi Nikkei Asian Review, porsi saham Mitsubishi di Medco berkurang dari 20% secara tidak langsung hingga menjadi kurang dari 10%. Saham tersebut dijual ke Medco dengan total nilai kurang lebih Rp238 miliar (US$17,9 juta).

Korporasi asal Jepang tersebut mulai berinvestasi di Medco sejak tahun 2007 dengan harapan dapat berkolaborasi dalam proyek energi.

Selain berinvestasi, Mitsubishi dan Medco juga bekerjasama dalam proyek gas alam cair di pulau Sulawesi. Adapun proyek tersebut mulai beroperasi sejak tahun 2015.

Meski saham Medco saat ini diperdagangkan lebih rendah dari pada saat Mitsubishi membelinya. penjualan saham tersebut diperkirakan tidak berdampak besar pada pendapatan Mitsubishi karena perusahaan telah menurunkan nilai sahamnya.

Mengenai sisa saham Medco yang masih dimiliki, Mitsubisi berencana untuk menyimpannya untuk sementara waktu.

Seperti diketahui, sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo, Medco terus berupaya melakukan diversifikasi perusahaan melalui merger dan akuisisi di pasar domestic, di tengah turunnya harga komoditas.

Tahun lalu, Medco mengakuisisi sebuah tambang tembaga di pulau Sumbawa dari kepemilikan asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper