Reliance Sekuritas: IHSG Pekan Ini Menguat Terbatas, Cermati Saham-saham Ini

IHSG pada pekan ini diperkirakan akan bergerak menguat terbatas dengan rentang 5.700--5.830.
Fajar Sidik | 21 Mei 2017 21:23 WIB
Pelajar mengunjungi gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (5/5). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG pada pekan ini diperkirakan akan bergerak menguat terbatas dengan rentang 5.700--5.830. 

Lanjar Nafi, Analis Reliance Sekuritas Indonesia dalam risetnya mengungkapkan, IHSG melompat di akhir pekan ke level tertinggi tahun ini dengan naik 146.43 poin sebesar 2.6% setelah S&P mengupgrade rating Investasi Indonesia dari BB+ menjadi BBB-.

Moody's dan Fitch Rating mendapat outlook yang positif dari penilaian utang Indonesia menjadi salah satu pertimbangan S&P.

Investment grade ini dinilai dapat menjadi pemacu daya tarik asset Indonesia disaat investor konservatif kepada ekuitas Jepang.

Meskipun demikian komposisi aksi beli cenderung lebih banyak dari investor domestik terlihat catatan net sell asing Rp101,13 miliar pada perdagangan Jumat sehingga selama seminggu total capital in flow yang terjadi pada minggu ini sebesar Rp332,5 milar.

IHSG mengalami penguatan signifikan terbesar di tahun ini dengan kembali break out rekor tertinggi pasca rebound dari support MA50.

Penguatan yang cenderung significant ini memberikan momentum yang cukup tinggi dengan probabilitas koreksi yang meningkat.

Indikator stochastic golden-cross dibarengi break out nya level resistance upper bollinger bands. Sehingga IHSG pada pekan depan diperkirakan akan bergerak menguat terbatas dengan 5700-5830.

Mayoritas bursa di Asia mengakhiri pekan dengan penguatan yang dipimpin oleh IHSG. MSCI Asia Pacific Index naik kurang dari 0,1%. Indeks Topix Jepang naik 0,3%, setelah turun 1,3% pada hari Kamis. Indeks tersebut kehilangan 1,3 persen dalam sepekan.

Indeks Hang Seng naik 0,2% dan Shanghai Composite sedikit berubah. Saham Indonesia melonjak 2.59% ke rekor tertinggi setelah S & P menaikkan peringkat investasi Indonesia.

Bursa Eropa dibuka optimis di akhir pekan seiring ekuitas global menunjukan tanda kestabilian pasca sejak awal pekan mengalami gejolak dimana investor menghadapi krisis politik di Washington dan Brazil yang menyerukan tuntutan pengunduran diri pemimpin brazil.

Harga minyak rebound siap kembali diatas $50 per barrel terdukung janji Arab Saudi dan Rusia terhadap perpanjangan pemangkasan produksi minyak.

Selain itu data Neraca pembayaran Eropa dan Tingkat kepercayaan konsumen di Eropa cukup baik menjadi salah satu faktor pemicu penguatan diakhir pekan.

Sentimen selanjutnya pada pekan depan yang akan menjadi perhatian investor diantaranya Aktivitas ekspor impor dan indeks kepercayaan di Jepang dengan ekspektasi tidak cukup baik, GDP Jerman dan beberapa survei awal Indeks manufakturing PMI pada bulan May di sejumlah negara. Investor pun memantau hasil FOMC pada pekan ini.

Adapun saham-saham yang mulai dicermati pekan ini diantaranya ACES, AKRA, ASRI, BWPT, INDY, ITMG, LPKR, PTBA, SSIA, ADRO, ADHI, MAIN.

Tag : rekomendasi saham
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top