Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samuel Sekuritas: IHSG Jumat (19/5) Berpotensi Menguat, Rekomendasi Saham GGRM, MYOR, SSIA

IHSG hari ini, jUMAT (19/5) diperkirakan menguat seiring dengan masih menguatnya harga minyak dan berbagai sentimen positif dari rencana pembatasan produksi batubara Indonesia hingga ekspektasi peningkatan konsumsi di bulan Ramadan dan Lebaran.
Karyawan berkomunikasi di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Kamis (27/4).JIBI-Nurul Hidayat
Karyawan berkomunikasi di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Kamis (27/4).JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG hari ini, jUMAT (19/5) diperkirakan menguat seiring dengan masih menguatnya harga minyak dan berbagai sentimen positif dari rencana pembatasan produksi batubara Indonesia hingga ekspektasi peningkatan konsumsi di bulan Ramadan dan Lebaran.

Mengutip riset Samuel Sekuritas, Bursa AS ditutup menguat seiring kembali tumbuhnya harapan investor dengan langkah realisasi janji ekonomi Presiden AS, Donald Trump. Namun, investor masih memperhatikan perkembangan dari pemecatan kepala biro intelejen US, FBI, yang disinyalir akibat penyelidikan atas keterlibatan Rusia dalam pemilu US. Data jobless claims tercatat di bawah estimasi konsensus namun masih tetap dalam titik terendahnya dan mengindikasikan masih sehatnya lapangan pekerjaan US.

Dari pasar komoditas, harga minyak ditransaksikan menguat ke US$52,6/barel seiring dengan berlanjutnya penurunan persediaan minyak mentah AS sebesar 1,8 juta barel menjadi sebesar 520,8 juta dan berlanjutnya pemangkasan produksi Arab Saudi dan Rusia hingga Maret 2018. Sementara harga emas ditutup menguat ke US$1.248,9/toz.

Kami perkirakan hari ini IHSG menguat seiring dengan masih menguatnya harga minyak dan berbagai sentimen positif dari rencana pembatasan produksi batubara Indonesia hingga ekspektasi peningkatan konsumsi di bulan Ramadhan dan Lebaran.

BI mempertahankan BI 7 Day Repo Rate di 4,75% dan melaporkan pertumbuhan kredit industri perbankan di 4M17 mencapai 9,5% yoy. EIDO tercatat menguat sedangkan USD/IDR melemah ke 13.356.

Analisis Teknikal

Kenaikan IHSG sampai 5,645 masih terindikasi sebagai Technical Rebound sehingga IHSG masih mempertahankan Downtrend menuju Support kuat di 5,500. Ada Support terdekat di 5,570 yang mungkin hanya menahan penurunan IHSG sementara – meski tetap berpeluang mengakhiri Downtrend jangka pendek IHSG. Kenaikan di atas 5,670 membuka peluang IHSG mengawali kembali Uptrend menuju 5,800.

Sektor yang layak dipilih adalah : Cigarettes dan Coal. Sektor untuk Bottom Fishing adalah : Poultry, Retail, Construction dan Toll. Waspadai sektor : Healthcare, Media dan Telecom.

Adapun rekomendasi saham hari ini (Day Trading Recommendation) :

  • LQ45 : GGRM
  • Non-LQ45 : MYOR dan SSIA

Concern : SIMP

Commodity Related : CPO (SIMP)
Consumer Related : FMCG (MYOR), Retail (MAPI), Cigarettes (GGRM)
Infrastructure Related : Construction (ADHI), Telecom (ISAT), Toll (JSMR)
Interest Related : Bank (BBCA, BBTN, BBRI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper