Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO, Pelayaran Tamarin Samudera (TAMU) Kantongi Rp82,5 Miliar

PT Pelayaran Tamarin Samudera Tbk. resmi mencatatkan saham pada papan pengembangan Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TAMU.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Tamarin Samudera Tbk. resmi mencatatkan saham pada papan pengembangan Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TAMU.
 
Pada Rabu (10/5), TAMU mencatatkan saham setelag menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) 750 juta lembar saham atau melepas 20% dari 3,75 miliar lembar saham perseroan kepada publik.
 
Harga pelaksanaan IPO emiten subsektor transportasi ini ditetapkan sebesar Rp110 per saham sehingga dana yang diperoleh perseroan mencapai Rp82,5 miliar.
 
"Kami cukup puas dengan hasil IPO Rp82,5 miliar. Terjadi oversubscribe hampir dua kali saat penawaran saham," ujar Direktur Utama Pelayaran Tamarin Samudra Kardja Rahardjo di Gedung BEI, Rabu (10/5).
 
Berdasarkan data BEI, total subscription IPO TAMU mencapai 1,47 miliar lembar saham dari 525 pihak. Adapun nilai kapitalisasi pasar TAMU mencapai Rp412,5 miliar.
 
Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Pelayaran Tamarin Samudra Leo A. Tangkilisan mengatakan dana hasil IPO akan digunakan perseroan untuk menambah modal kerja. Pasalnya, TAMU berencana untuk membeli satu unit armada kapal penunjang kegiatan lepas pantai (offshore) dan docking.
 
Menurut Leo, pengadaan satu unit kapal baru membutuhkan dana hingga US$35 juta. Apabila ditambah dengan pembangunan docking, nilainya bisa meningkat menjadi US$40 juta.
 
"Sumber dana dari IPO dan pinjaman bank. Kami masih mengkaji kemungkinan untuk tambah armada kapal," kata Leo.

Kemungkinan tersebut, lanjutnya, sangat bergantung pada prospek bisnis hulu migas dan harga minyak mentah dunia. Perseroan berharap crude oil terus merangkak naik ke level lebih dari US$50/barel agar sektor ini lebih bergairah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper