Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MPPA Siapkan Rp600 Miliar untuk Tambah Gerai

PT Matahari Putra Prima Tbk. agresif untuk menambah jumlah gerai ritel modern dengan alokasi belanja modal sebesar Rp450 miliar-600 miliar pada 2017.
Foodmart Primo/mppa
Foodmart Primo/mppa

Bisnis.com, TANGERANG--PT Matahari Putra Prima Tbk. agresif untuk menambah jumlah gerai ritel modern dengan alokasi belanja modal sebesar Rp450 miliar-600 miliar pada 2017.

Pada 2016, emiten Grup Lippo ini menggulirkan ekspansi dengan membuka 27 gerai baru yang terdiri dari 7 Hypermart, 2 Smartclub, 4 Foodmart, 9 Boston Health & Beauty, dan 5 FMX. Sekitar 60% gerai baru berlokasi di luar Jawa.

Dengan pembukaan tersebut, emiten berkode MPPA mengoperasikan 299 gerai ritel modern dengan gross space seluas 767.807 meter persegi hingga akhir tahun lalu.

Danny Kojongian, Sekretaris Perusahaan Matahari Putra Prima, menuturkan pada tahun ini perseroan berencana untuk menambah sejumlah gerai baru dan merenovasi gerai lama.
Gerai baru yang bakal ditambah pada tahun ini, yakni paling banyak 10 Hypermart, 4 Smartclub, 6 Foodmart, 17 Boston, dan 15 FMX. Adapun gerai yang masuk dalam pipeline renovasi mencakup 10 Hypermart, 3 FMX, dan 10 Boston.

"Itu jumlah maksimal, realisasinya tergantung perkembangan dan dinamika di market. Capex kami dibatasi sekitar 4%-5% dari total revenue. Untuk tambahan gerai tadi, prediksi kami belanja modalnya sekitar Rp450 miliar-600 miliar," tutur Danny, Rabu (26/4).

Estimasi capital expenditure itu sejalan dengan realisasi pembelanjaan modal pada 2016 sebesar Rp471,9 miliar atau setara dengan 3,5% dari penjualan. Senada dengan strategi tahun lalu, gerai ritel modern baru pada tahun ini mayoritas akan dibangun MPPA di luar Jawa.

Menurutnya, sumber daya belanja modal diusahakan berasal dari dana internal perseroan. Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan perseroan menarik fasilitas pinjaman bank yang sudah dikantongi.

Danny menambahkan ekspansi gerai akan berjalan lebih agresif pada kuartal III dan kuartal IV/2017. Pasalnya, perseroan menunggu kesiapan lokasi yang disewa dari pengembang properti.

Kendati daya beli masyarakat belum sepenuhnya pulih, MPPA optimistis omzet gerai berpotensi tumbuh sekitar 5%-10% pada tahun ini. Proyeksi itu membalikkan capaian penurunan penjualan sebesar 2% year-on-year menjadi Rp13,5 triliun pada 2016.

Sebanyak 115 gerai Hypermart menyumbang nilai penjualan terbesar bagi MPPA dengan porsi sebesar 76,8%. Adapun kontribusi dari 3 gerai wholesales Smartclub mencapai 16,3%, 26 gerai supermarket Foodmart 5,9%, dan 46 gerai convenience store FMX baru sekitar 0,5% terhadap total penjualan MPPA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Maftuh Ihsan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper