Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Optimisme Macron Dorong Indeks Acuan Prancis, Stoxx 600 Ditutup Naik 0,2%

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,2% pada perdagangan Kamis, setelah rebound pada sesi perdagangan sebelumnya.
bursa eropa
bursa eropa

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan bursa saham Eropa berakhir menguat pada sesi perdagangan kemarin, dengan lonjakan dua hari terbesar dalam tiga pekan, setelah sejumlah jajak pendapat menunjukkan menguatnya dukungan untuk kandidat presiden Prancis Emmanuel Macron menjelang putaran pertama pemilihan pada 23 April 2017.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,2% pada perdagangan Kamis (20/4), setelah rebound pada sesi perdagangan sebelumnya.

Penguatan indeks ditopang oleh saham-saham siklis termasuk bank, produsen mobil, dan perusahaan konstruksi yang memimpin penguatan.

Saham Pandora A/S menguat 5% setelah mempertahankan prospeknya untuk tahun ini serta menyatakan sedang memperbarui struktur pelaporan keuangannya.

Sementara itu, indeks acuan CAC 40 Prancis membukukan penguatan terbesar di antara bursa Eropa wilayah barat, dengan kenaikan sebesar 1,5%.  

“Indeks CAC 40  bergerak lebih tinggi akibat keyakinan bahwa Emmanuel Macron akan berhasil melaju ke pemungutan suara final pekan ini,” ujar Michael Hewson, analis CMC Markets di London, dikutip dari Bloomberg (Jumat, 21/4/2017).

Menurutnya, tidak seorangpun dari kandidat lainnya yakni Marine Le Pen or Jean-Luc Melenchon dianggap populer khususnya bagi pasar.

“Putaran pertama dari pemungutan suara dapat membuktikan hal penting dari keseluruhan proses pemilihan. Sementara semua orang terpaku pada putaran kedua yang digelar tanggal 7 Mei, ada permutasi atas putaran pertama pemilihan suara yang dapat menyebabkan pergerakan ekstrim di pasar,” papar Chris Weston, chief market strategist IG Ltd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper