Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI Gelar Kompetisi Saham Dorong Transaksi Investor

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kompetisi Yuk Nabung Saham guna menggairahkan investor saham yang lama tak bertransaksi.

Bisnis.com, MANADO -- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kompetisi Yuk Nabung Saham guna menggairahkan investor saham yang lama tak bertransaksi. Kompetisi digelar hingga November 2017 mendatang di 26 provinsi.

Fonny The, Kepala Perwakilan BEI Manado, mengatakan kompetisi Yuk Nabung Saham digelar secara nasional dan setiap provinsi bakal menghasilkan tujuh pemenang. Juara utama di tiap provinsi bakal mendapatkan hadiah berupa perjalanan gratis ke Thailand. "Dari jumlah investor yang ada saat ini, hanya 34% yang aktif bertransaksi," ujarnya di Manado, Jumat (31/3/2017).

BEI mencatat, total investor saham berdasarkan jumlah single investor identification atau SID mencapai 535.994. Jumlah rata-rata investor yang aktiv per bulan hanya 78.878 investor atau 14.72% dari SID.

Fonny menjelaskan, kompetisi Yuk Nabung Saham terbuka untuk umum. Calon peserta yang berminat harus mendaftar dengan membuka rekening efek di 245 Galeri Investasi BEI yang ada di perguruan tinggi di Indonesia. Secara khusus, di Sulawesi Utara ada delapan galeri invetasi.

Peserta yang sudah membuka rekening efek keudian mendaftar di aplikasi komeptisi dengan menggunakan aku twitter atau facebook dan emgnisi data peserta termasuk nomor SID, surat elektornik, dan beberapa data lainya ke halaan registrasi. Hanya pemegang rekening SID yang aktif saja yang bisa melakukan pendaftaran.

Menurut Fonny, peserta bisa melaporkan investasi real yang ditransaksikan lewat sekuritas ke aplikasi Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017. Aplikasi berbasis Android ini bakal menghitung return of investment (RoI) atau tingkat ketungan dan jenis portofolio saham yang dipilih peserta. "Yang menarik, setiap transaksi itu akan muncul di timelne facebook atau twitter," ujarnya.

Fonny menuturkan, pada 2016, jumlah investor di Sulawesi Utara naik 42% menjadi 5.425 sedangkan per Februari 2017 jumlah merangkak menjadi 5.479. Nilai transaksi perdagangan saham di Sulawesi Utara sepanjang 2016 mencapai Rp2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper